Kamis, 05 Desember 2013

RPP Keterampilan menjahit Kls.VII Pertemuan ke- 14 sd 16


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama madrasah                           : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata Pembelajaran                     : Keterampilan Menjahit
Kelas / Semester                          : VII / 1
Alokasi Waktu                             : 6  X  40 menit
Pertemuan ke                                : 14 - 16
Standar Kompetensi                    : Manfaat kain perca.
Kompetensi Dasar                       :Mengikuti prosedur cara membuat tas dari kain perca.

Indikator :
1. Mengetahui jenis-jenis kain perca
2. Mengetahui cara membuat tas kain perca
3.  Mengetahui cara memanfaatkan kain perca
I.    Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 14 - 16
1.  Siswa dapat mengerti tentang jenis-jenis kain perca.
2.  Siswa  dapat mengetahui cara membuat tasdari kain perca
3.  Siswa dapat mengetahui cara memanfaatkan kain perca
II.      Materi Ajar
1. Cara memanfaatkan kain perca
2. Pola tas dari kain perca
3. Tahapan membuat tas dari kain perca
III.     Metode Pengajaran :
1.    Latihan
2.    Demondtrasi
3.    Pemberian tugas/tugas mandiri
IV.    Langkah Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa ( Kerja keras, mandir, Peduli Lingkungan, Tanggung Jawab )

Pertemuan ke-14
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 10 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Mencek hasil jahitan peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu
B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 25 menit)
1.    Menggali pengetahuan peserta didik Kembali tentang pola tas dari kain perca.
2.    Mengecek alat-alat jahit siswa sesuai prosedur.
3.    Membimbing dan mengarahkan peserta didik menjahit dengan mesin jahit dalam menjahit tas dari kain perca
4.    Mengarahkan peserta didik untuk memproses setiap langkah menjahit tas dari kain perca
5.    Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahitan tas.
6.    Memberikan penguatan /masukan dari kerja siswa.
7.    Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 10 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan dirumah.

Pertemuan ke-15
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 10 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Mencek hasil jahitan peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu
B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 25 menit)
1.    Menggali pengetahuan peserta didik Kembali tentang cara menjahit dengan mesin jahit.
2.    Mengecek alat-alat jahit siswa sesuai prosedur.
3.    Membimbing dan mengarahkan peserta didik mengunakan aksesoris yg tepat untuk kain perca
4.    Mengarahkan peserta didik untuk pemasangan aksesoris yang tepat dengan jahitan tangan pada kain perca
5.    Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit tangan pada aksesoris kain perca.
6.    Memberikan penguatan /masukan dari kerja siswa.
7.    Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 10 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan dirumah

Pertemuan ke-16
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 10 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Mencek hasil jahitan peserta didik
5.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu
B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 25 menit)
1.    Menggali pengetahuan peserta didik Kembali tentang cara menjahit dengan mesin jahit.
2.    Mengecek alat-alat jahit siswa sesuai prosedur.
3.    Membimbing dan mengarahkan peserta didik mengunakan aksesoris yg tepat untuk kain perca
4.    Mengarahkan peserta didik untuk pemasangan aksesoris yang tepat dengan jahitan tangan pada kain perca
5.    Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit tangan pada aksesoris kain perca.
6.    Memberikan penguatan /masukan dari kerja siswa.
7.    Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 10 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan dirumah
V.      Alat dan Sumber Belajar :
1.    Media papan tulis, contoh-contoh kain perca
2.    Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh Soekarno
3.    Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita oleh M.H. Wancik
4.    Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
VI.    Penilaian :
1.    Teknik Penilaian      : Tes Tertulis & Tes Kinerja
2.     Bentuk Instrumen   : Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi

No
Aspek Kemampuan
Kurang
Cukup
Baik
1
Mampu  membuat pola tas
2
Mampu memotong bahan
3
Mampu menjahit kain perca
4
Mampu menyelesaikan kain perca dengan mesin jahit
5
Mampu menghias kain perca
6
Mampu memilih hiasan yang sesuai dengan motif kain perca

Format Penilaian Afektif         :
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Partisipasi Dalam Kelompok
Kerjasama
Kelengkapan Tugas Kelompok
Kerapihan Hasil Kerja
1
Fitriah
2
Iis Ilawati
3
Irma Erfiana
4
KhabibaturRohmani
5
Lia Lutfianah
6
Lilis Zuliakhah
7
Mira Arumsari
8
Mislikhah
9
Novi Lailatul F.
10
Nurus Sakinah
11
Rina Zimatul F.
12
Ririn I.
13
Silvia  Anggraini
14
Sri Retno N.
15
Zunia Masita


 Afektif: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau intensitas rendah
Format Penilaian Psikomotorik
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Menyiapkan bahan-bahan percobaan
Menggunting/
mengukur kain
Memegang Penjepit Dengan Benar
1
Fitriah
2
Iis Ilawati
3
Irma Erfiana
4
KhabibaturRohmani
5
Lia Lutfianah
6
Lilis Zuliakhah
7
Mira Arumsari





8
Mislikhah





9
Novi Lailatul F.





10
Nurus Sakinah





11
Rina Zimatul F.





12
Ririn I.





13
Silvia  Anggraini





14
Sri Retno N.





15
Zunia Masita






Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak logis, tidak etis
1 = Tindakan salah
Format Penilaian Kognitif
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Mengikuti Prosedur dengan Benar
Menganalisis data
Menginterpretasikan data
Menarik Kesimpulan
1
Fitriah
2
Iis Ilawati
3
Irma Erfiana
4
KhabibaturRohmani
5
Lia Lutfianah
6
Lilis Zuliakhah
7
Mira Arumsari






8
Mislikhah






9
Novi Lailatul F.






10
Nurus Sakinah






11
Rina Zimatul F.






12
Ririn I.






13
Silvia  Anggraini






14
Sri Retno N.






15
Zunia Masita







Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis sesuai
2 = Kurang sesuai denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar, Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai

Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan Diskusi
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Mengajukan Pertanyaan
Menjawab Pertanyaan
Menyampaikan Argumen
1
Fitriah
2
Iis Ilawati
3
Irma Erfiana
4
KhabibaturRohmani
5
Lia Lutfianah
6
Lilis Zuliakhah
7
Mira Arumsari





8
Mislikhah





9
Novi Lailatul F.





10
Nurus Sakinah





11
Rina Zimatul F.





12
Ririn I.





13
Silvia  Anggraini





14
Sri Retno N.





15
Zunia Masita






Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:

3 = Pertanyaan logis/jawaban tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat


Mengetahui                                                                           Jombang,   07 Oktober  2013
Kepala Madrsah                                                                   Guru Mata pelajaran



                       
MOH. SYAIKHU, SPd                                                          ZAINAL ARIFIN, S.Pd.i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar