Nama madrasah : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata
Pembelajaran :
Keterampilan Menjahit
Kelas /
Semester :
VII / 1
Alokasi
Waktu :
6 X 40 menit
Pertemuan ke : 14 - 16
Standar
Kompetensi :
Manfaat kain perca.
Kompetensi
Dasar :Mengikuti
prosedur cara membuat tas dari kain perca.
Indikator :
1. Mengetahui jenis-jenis kain perca
2. Mengetahui cara membuat tas
kain perca
3.
Mengetahui cara memanfaatkan kain perca
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 14 - 16
1. Siswa dapat mengerti
tentang jenis-jenis kain perca.
2. Siswa dapat
mengetahui cara membuat tasdari kain perca
3. Siswa dapat mengetahui
cara memanfaatkan kain perca
II. Materi Ajar
1. Cara memanfaatkan kain
perca
2. Pola tas dari kain
perca
3. Tahapan membuat tas
dari kain perca
III. Metode Pengajaran :
1. Latihan
2. Demondtrasi
3. Pemberian tugas/tugas
mandiri
IV. Langkah Pengajaran :
Nilai Budaya karakter
Bangsa ( Kerja keras, mandir, Peduli Lingkungan, Tanggung Jawab )
Pertemuan ke-14
A. Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 10 menit)
1. Mengabsen peserta didik
2. Mengkondisikan peserta
didik
3. Memeriksa satu persatu
tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4. Mencek hasil jahitan
peserta didik
5. Membimbing peserta didik
yang belum memahami tugas, perindividu
B. Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap
Konfirmasi = 25 menit)
1. Menggali pengetahuan
peserta didik Kembali tentang pola tas dari kain perca.
2. Mengecek alat-alat jahit
siswa sesuai prosedur.
3. Membimbing dan mengarahkan peserta didik menjahit dengan
mesin jahit dalam menjahit tas dari kain perca
4. Mengarahkan peserta didik
untuk memproses setiap langkah menjahit tas dari kain perca
5. Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahitan tas.
6. Memberikan penguatan
/masukan dari kerja siswa.
7. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan
C. Kegietan
Akhir : (Evaluasi =
10 menit, Tugas = 5 menit)
1. Melakukan penilaian
terhadap hasil kerja siswa.
2. Menugaskan peserta didik
melanjutkan pekerjaan dirumah.
Pertemuan ke-15
A. Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 10 menit)
1. Mengabsen peserta didik
2. Mengkondisikan peserta
didik
3. Memeriksa satu persatu
tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4. Mencek hasil jahitan
peserta didik
5. Membimbing peserta didik
yang belum memahami tugas, perindividu
B. Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap
Konfirmasi = 25 menit)
1. Menggali pengetahuan
peserta didik Kembali tentang cara menjahit dengan mesin jahit.
2. Mengecek alat-alat jahit
siswa sesuai prosedur.
3. Membimbing dan mengarahkan peserta didik mengunakan aksesoris
yg tepat untuk kain perca
4. Mengarahkan peserta didik
untuk pemasangan aksesoris yang tepat dengan jahitan tangan pada kain perca
5. Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit tangan pada
aksesoris kain
perca.
6. Memberikan penguatan
/masukan dari kerja siswa.
7. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan
C. Kegietan
Akhir : (Evaluasi =
10 menit, Tugas = 5 menit)
1. Melakukan penilaian
terhadap hasil kerja siswa.
2. Menugaskan peserta didik
melanjutkan pekerjaan dirumah
Pertemuan ke-16
A. Kegietan
Awal : (Tahap Situasional = 10 menit)
1. Mengabsen peserta didik
2. Mengkondisikan peserta
didik
3. Memeriksa satu persatu
tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4. Mencek hasil jahitan
peserta didik
5. Membimbing peserta didik
yang belum memahami tugas, perindividu
B. Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap
Konfirmasi = 25 menit)
1. Menggali pengetahuan
peserta didik Kembali tentang cara menjahit dengan mesin jahit.
2. Mengecek alat-alat jahit
siswa sesuai prosedur.
3. Membimbing dan mengarahkan peserta didik mengunakan aksesoris
yg tepat untuk kain perca
4. Mengarahkan peserta didik
untuk pemasangan aksesoris yang tepat dengan jahitan tangan pada kain perca
5. Mengarahkan peserta didik memeriksa mutu jahit tangan pada
aksesoris kain
perca.
6. Memberikan penguatan
/masukan dari kerja siswa.
7. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan
C. Kegietan
Akhir : (Evaluasi =
10 menit, Tugas = 5 menit)
1. Melakukan penilaian
terhadap hasil kerja siswa.
2. Menugaskan peserta didik
melanjutkan pekerjaan dirumah
V. Alat dan Sumber Belajar :
1. Media papan tulis,
contoh-contoh kain perca
2. Buku Penuntun Membuat Pola
Busana Anak oleh Soekarno
3. Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita
oleh M.H. Wancik
4. Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
VI. Penilaian :
1. Teknik
Penilaian : Tes Tertulis & Tes Kinerja
2. Bentuk Instrumen :
Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi
No
|
Aspek Kemampuan
|
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
1
|
Mampu membuat pola tas
|
|||
2
|
Mampu memotong bahan
|
|||
3
|
Mampu menjahit kain perca
|
|||
4
|
Mampu menyelesaikan kain perca dengan mesin jahit
|
|||
5
|
Mampu menghias kain perca
|
|||
6
|
Mampu memilih hiasan yang sesuai dengan motif kain perca
|
Format Penilaian
Afektif :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
Partisipasi Dalam
Kelompok
|
Kerjasama
|
Kelengkapan Tugas
Kelompok
|
Kerapihan Hasil
Kerja
|
|||||
1
|
Fitriah
|
|||||||
2
|
Iis Ilawati
|
|||||||
3
|
Irma Erfiana
|
|||||||
4
|
KhabibaturRohmani
|
|||||||
5
|
Lia Lutfianah
|
|||||||
6
|
Lilis Zuliakhah
|
|||||||
7
|
Mira Arumsari
|
|||||||
8
|
Mislikhah
|
|||||||
9
|
Novi Lailatul F.
|
|||||||
10
|
Nurus Sakinah
|
|||||||
11
|
Rina Zimatul F.
|
|||||||
12
|
Ririn I.
|
|||||||
13
|
Silvia Anggraini
|
|||||||
14
|
Sri Retno N.
|
|||||||
15
|
Zunia Masita
|
|||||||
Afektif: Skor
máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak
sekali atau intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup
atau intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang
atau intensitas rendah
Format Penilaian
Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Menyiapkan
bahan-bahan percobaan
|
Menggunting/
mengukur kain
|
Memegang Penjepit
Dengan Benar
|
||||
1
|
Fitriah
|
|||||
2
|
Iis Ilawati
|
|||||
3
|
Irma Erfiana
|
|||||
4
|
KhabibaturRohmani
|
|||||
5
|
Lia Lutfianah
|
|||||
6
|
Lilis Zuliakhah
|
|||||
7
|
Mira Arumsari
|
|||||
8
|
Mislikhah
|
|||||
9
|
Novi Lailatul F.
|
|||||
10
|
Nurus Sakinah
|
|||||
11
|
Rina Zimatul F.
|
|||||
12
|
Ririn I.
|
|||||
13
|
Silvia Anggraini
|
|||||
14
|
Sri Retno N.
|
|||||
15
|
Zunia Masita
|
Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Skor
máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Tindakan benar, logis, etis
2 = Tindakan benar, tidak logis, tidak etis
1 = Tindakan salah
Format Penilaian
Kognitif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
Mengikuti Prosedur
dengan Benar
|
Menganalisis data
|
Menginterpretasikan
data
|
Menarik Kesimpulan
|
||||
1
|
Fitriah
|
||||||
2
|
Iis Ilawati
|
||||||
3
|
Irma Erfiana
|
||||||
4
|
KhabibaturRohmani
|
||||||
5
|
Lia Lutfianah
|
||||||
6
|
Lilis Zuliakhah
|
||||||
7
|
Mira Arumsari
|
||||||
8
|
Mislikhah
|
||||||
9
|
Novi Lailatul F.
|
||||||
10
|
Nurus Sakinah
|
||||||
11
|
Rina Zimatul F.
|
||||||
12
|
Ririn I.
|
||||||
13
|
Silvia Anggraini
|
||||||
14
|
Sri Retno N.
|
||||||
15
|
Zunia Masita
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur, Analisis tepat, Interpretasi data benar, Menarik
Kesimpulan dengan benar, Hipotesis sesuai
2 = Kurang sesuai denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi
data kurang benar, Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi
data tidak benar, Menarik kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
Format Penilaian
Kognitif Ketika Melakukan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Mengajukan
Pertanyaan
|
Menjawab Pertanyaan
|
Menyampaikan Argumen
|
||||
1
|
Fitriah
|
|||||
2
|
Iis Ilawati
|
|||||
3
|
Irma Erfiana
|
|||||
4
|
KhabibaturRohmani
|
|||||
5
|
Lia Lutfianah
|
|||||
6
|
Lilis Zuliakhah
|
|||||
7
|
Mira Arumsari
|
|||||
8
|
Mislikhah
|
|||||
9
|
Novi Lailatul F.
|
|||||
10
|
Nurus Sakinah
|
|||||
11
|
Rina Zimatul F.
|
|||||
12
|
Ririn I.
|
|||||
13
|
Silvia Anggraini
|
|||||
14
|
Sri Retno N.
|
|||||
15
|
Zunia Masita
|
Kognitif : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan logis/jawaban tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar
yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai
dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai
dasar yang kuat
Mengetahui
Jombang, 07 Oktober 2013
Kepala Madrsah
Guru Mata pelajaran
MOH. SYAIKHU,
SPd ZAINAL ARIFIN, S.Pd.i
Tidak ada komentar:
Posting Komentar