RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Madrasah :
MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata
Pembelajaran :
Keterampilan MMenjahit
Kelas
/
Semester :
VII / 1
Alokasi
Waktu :
6 X 40 menit
Pertemuan
Ke : 7 – 10
Standar
Kompetensi :
Mengetahui pengertian dan asal-usul busana
Kompetensi
Dasar :
Pengelompokan dan pemeliharaan busana.
KKM : 7
Indikator :
1. Menjelaskan
pengertian pengelompokan busana
2. Menjelaskan
tujuan pengelompokan busana
3. Mengidentifikasi jenis-jenis
busana.
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 7 - 10
1. Siswa dapat menjelaskan pengelompokan busana
2. Siswa dapat mngetahui tujuan dari
pengelompokan busana .
3. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis busana
II. Materi Ajar
1. Busana luar
2. Busana dalam
3. Memelihara busana.
III. Metode Pengajaran :
1. Menjelaskan fungsi busana
2. Ceramah, diskusi
3. Pemberian tugas/tugas mandiri
IV. Langkah Pengajaran :
Nilai Budaya karakter
Bangsa ( Kerja keras, mandiri, Peduli Lingkungan, Tanggung Jawb )
Pertemuan ke - 7
A. Kegietan Awal : (Tahap
Situasional = 10 menit)
1. Mengabsen peserta didik
2. Mengkondisikan peserta didik
3. Memeriksa satu persatu kesiapan peserta didik untuk
mengikuti kegiatan pembelajaran.
4. Membimbing peserta didik yang
belum memahami tugas, perindividu
B. Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan
Tahap Konfirmasi = 25 menit)
1. Menggali pengetahuan peserta didik
Kembali tentang pengertian busana.
2. Mengecek kesiapan siswa untuk
melaksanakan tugas.
3. Membimbing dan mengarahkan peserta didik pada pemahaman yang
benar tentang pengertian dan asal
usul busana
4. Mengarahkan peserta didik untuk
memproses setiap langkah pemahaman
5. Memberikan penguatan /masukan dari
kerja siswa.
6. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan
C. Kegietan Akhir : (Evaluasi = 10 menit, Tugas = 5 menit)
1. Melakukan penilaian terhadap hasil
kerja siswa.
2. Menugaskan peserta didik
melanjutkan pekerjaan dirumah.
Pertemuan ke-8
A. Kegietan Awal : (Tahap
Situasional = 10 menit)
1. Mengabsen peserta didik
2. Mengkondisikan peserta didik
3. Memeriksa satu persatu tugas
sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4. Membimbing peserta didik yang
belum memahami tugas, perindividu
B. Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan
Tahap Konfirmasi = 25 menit)
1. Menggali pengetahuan peserta didik
Kembali tentang pengertian busana.
2. Memberikan penguatan /masukan dari
kerja siswa.
3. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan
C. Kegietan Akhir : (Evaluasi = 10 menit, Tugas = 5 menit)
1. Melakukan penilaian terhadap hasil
kerja siswa.
2. Menugaskan peserta didik
melanjutkan pekerjaan dirumah
Pertemuan ke-9
A. Kegietan Awal : (Tahap
Situasional = 10 menit)
1. Mengabsen peserta didik
2. Mengkondisikan peserta didik
3. Memeriksa satu persatu tugas
sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4. Membimbing peserta didik yang
belum memahami tugas, perindividu
B. Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan
Tahap Konfirmasi = 25 menit)
1. Menggali pengetahuan peserta didik
Kembali tentang pengertian busana.
2. Memberikan penguatan /masukan dari
kerja siswa.
3. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan
C. Kegietan Akhir : (Evaluasi = 10 menit, Tugas = 5 menit)
1. Melakukan penilaian terhadap hasil
kerja siswa.
2. Menugaskan peserta didik melanjutkan
pekerjaan dirumah
Pertemuan ke-10
A. Kegietan Awal : (Tahap
Situasional = 10 menit)
1. Mengabsen peserta didik
2. Mengkondisikan peserta didik
3. Memeriksa satu persatu tugas
sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4. Membimbing peserta didik yang
belum memahami tugas, perindividu
B. Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan
Tahap Konfirmasi = 25 menit)
1. Menggali pengetahuan peserta didik
Kembali tentang pengertian busana.
2. Memberikan penguatan /masukan dari
kerja siswa.
3. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan
C. Kegietan Akhir : (Evaluasi = 10 menit, Tugas = 5 menit)
1. Melakukan penilaian terhadap hasil
kerja siswa.
2. Menugaskan peserta didik
melanjutkan pekerjaan dirumah
V. Alat dan Sumber Belajar :
1. Media papan tulis, contoh-contoh
pakaian
2. Buku Penuntun Membuat Pola Busana
Anak oleh Soekarno
3. Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita
oleh M.H. Wancik
4. Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
VI. Penilaian :
1. Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen :
Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi
Jawablah pertanyaan ini dengan baik dan benar.
1. Apasaja yang harus diperhatikan sebelum memilih busana ?
2. Apa yang terjadi bila kita salah memilih busana ?
3. Apa yang kamu ketahui tentang bentuk tubuh ideal ?
4. Mengapa semua orang mendambakan bentuk tubuh ideal ?
5. Sebutkan bentuk tubuh yang kurang ideal !
Alternatif jawaban
1. Dalam berbusana kita perlu menyesuaikan busana dengan
bentuk tubuh, warna kulit, kepribadian, jenis kelamin
2. Kesalahan dalam memilih busana akan berakibat
fatal bagi sipemakai, karena busana yang semula diharapkan dapat mempercantik
diri dan dapat menutupi kekurangan tidak terwujud, bahkan kadang-kadang
3. Bentuk tubuh ideal
adalah bentuktubuh yang seimbang antara berat badan dengan tinggi badan.
4. Bentuk tubuh ideal
sangatlah didambakan oleh semua orang, karena hampir semua desain busana dapat
dipakainya, sehingga bentuk tubuh ideal merupakan dambaan semua orang.
5. Bentuk tubuh yang kurang ideal ini banyak
pula macamnya, ada yang gemuk pendek, kurus tinggi, kurus pendek, bahkan ada
yang bungkuk, panggul terlalu kecil, bidang bahu terlalu lebar atau terlalu
sempit. Semua bentuk tubuh ini termasuk bentuk tubuh yang tidak ideal, karena
masing-masingnya memiliki kelemahan atau kelainan. Kelemahan-kelemahan ini
dapat disembunyikan dengan memilih desain pakaian yang sesuai dengan bentuk
tubuh masing-masing, setiap kekurangan tersebut dapat ditutupi dengan busana
yang dipakai kekurangan tersebut terlihat semakin menonjol.
Format Penilaian
Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Kesesuaian jawaban
dengan pertanyaan
|
||
1
|
Fitriah
|
|
2
|
Iis Ilawati
|
|
3
|
Irma Erfiana
|
|
4
|
KhabibaturRohmani
|
|
5
|
Lia Lutfianah
|
|
6
|
Lilis Zuliakhah
|
|
7
|
Mira Arumsari
|
|
8
|
Mislikhah
|
|
9
|
Novi Lailatul F.
|
|
10
|
Nurus Sakinah
|
|
11
|
Rina Zimatul F.
|
|
12
|
Ririn I.
|
|
13
|
Silvia Anggraini
|
|
14
|
Sri Retno N.
|
|
15
|
Zunia Masita
|
|
Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Setiap
pertanyaan nilainya 20, Jadi nilai maksimal adalah 100, nilai minimal 70 ini sesuai dengan KKM
Format Penilaian
Afektif :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
Partisipasi Dalam
Kelompok
|
Kerjasama
|
Kelengkapan Tugas
Individu/Kelompok
|
Kerapihan Hasil
Kerja
|
|||||
1
|
Fitriah
|
|||||||
2
|
Iis Ilawati
|
|||||||
3
|
Irma Erfiana
|
|||||||
4
|
KhabibaturRohmani
|
|||||||
5
|
Lia Lutfianah
|
|||||||
6
|
Lilis Zuliakhah
|
|||||||
7
|
Mira Arumsari
|
|||||||
8
|
Mislikhah
|
|||||||
9
|
Novi Lailatul F.
|
|||||||
10
|
Nurus Sakinah
|
|||||||
11
|
Rina Zimatul F.
|
|||||||
12
|
Ririn I.
|
|||||||
13
|
Silvia Anggraini
|
|||||||
14
|
Sri Retno N.
|
|||||||
15
|
Zunia Masita
|
|||||||
Afektif: Skor
máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak
sekali atau intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup
atau intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang
atau intensitas rendah
Format Penilaian Kognitif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
Mengikuti Prosedur
|
Menganalisis data
|
Menarik Kesimpulan
|
Merancang
|
|||||
1
|
Fitriah
|
|||||||
2
|
Iis Ilawati
|
|||||||
3
|
Irma Erfiana
|
|||||||
4
|
KhabibaturRohmani
|
|||||||
5
|
Lia Lutfianah
|
|||||||
6
|
Lilis Zuliakhah
|
|||||||
7
|
Mira Arumsari
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Mislikhah
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Novi Lailatul F.
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Nurus Sakinah
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Rina Zimatul F.
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Ririn I.
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Silvia Anggraini
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Sri Retno N.
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Zunia Masita
|
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur,
Analisis tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar,
Hipotesis sesuai
2 = Kurang sesuai
denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar,
Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai
dengan prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik
kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
Format Penilaian
Kognitif Ketika Melakukan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
Mengajukan
Pertanyaan
|
Menjawab Pertanyaan
|
Menyampaikan Argumen
|
Akurasi Informasi
|
||||
1
|
Fitriah
|
||||||
2
|
Iis Ilawati
|
||||||
3
|
Irma Erfiana
|
||||||
4
|
KhabibaturRohmani
|
||||||
5
|
Lia Lutfianah
|
||||||
6
|
Lilis Zuliakhah
|
||||||
7
|
Mira Arumsari
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Mislikhah
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Novi Lailatul F.
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Nurus Sakinah
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Rina Zimatul F.
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Ririn I.
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Silvia Anggraini
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Sri Retno N
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Zunia Masita
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Pertanyaan
logis/jawaban tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan
mendekati logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak
logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
Pertanyaan
Ujian Tengah Semester
1.
Sebutkan asal usul busana ?
2.
Apakah yang kamu ketahui tentang busana ?, jelaskan
3.
Apakah yang kamu ketahui tentang Aksesoris ?, jelaskan
dan berikan contohnya.
4.
Sebutkan 6 fungsi busana !
5.
Apakah yang kamu ketahui tentang pakaian ?, jelaskan
6.
Apakah yang kamu ketahui tentang busana luar dan busana
dalam ?, jelaskan dan berikan contohnya !
7.
Bahan apakah yang dipakai untuk membuat busana ?
8.
Apakah yang kamu ketahui tentang Milineris ?, jelaskan
dan berikan contohnya!
9.
Gambarlah model gamis yang kamu sukai !
10. Gambarlah model baju yang
banyak dipakai remaja putri saat ini !
Alternatif
Jawaban
- Kata ”busana” diambil dari bahasa Sansekerta ”bhusana”
- Busana merupakan segala sesuatu yang kita pakai mulai dari ujung
rambut sampai ke ujung kaki
- Aksesoris yaitu pelengkap busana yang sifatnya hanya untuk menambah keindahan
sipemakai seperti cincin, kalung, leontin, bross dan lain sebagainya
- Untuk melindungi tubuh dari cuaca, sinar matahari, debu serta
gangguan binatang, dan melindungi tubuh dari benda-benda lain yang
membahayakan kulit
- pengertian busana dan pakaian terdapat sedikit perbedaan, dimana
busana mempunyai konotasi “pakaian yang bagus atau indah” yaitu pakaian
yang serasi, harmonis, selaras, enak di pandang, nyaman melihatnya, cocok
dengan pemakai serta sesuai dengan kesempatan.Sedangkan pakaian adalah
bagian dari busana itu sendiri
- Busana luar adalah Busana yang langsung menutup kulit, seperti :
BH/Kutang,celana dalam, singlet, rok dalam, bebe dalam, corset. Sedangkan
Busana luar adalah Busana yang tidak langsung menutupi kulit, yang temasuk
kelompok ini adalah busana rumah, seperti : daster, house coat, house
dress, dan busana kerja di dapur
7. Tekstil atau kain.
8. Milineris yaitu pelengkap
busana yang sifatnya melengkapi busana mutlak, serta
mempunyai nilai guna disamping juga untuk
keindahan seperti sepatu, tas, topi, kaus
kaki, kaca mata, selendang, scraf, shawl,
jam tangan dan lain-lain.
9.
Gambar Gamis sesuai keinginan
10.Gambar
baju sesuai keinginan
Penilaian Ujian
Tengah Semester
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Kesesuaian jawaban
dengan pertanyaan
|
||
1
|
Fitriah
|
|
2
|
Iis Ilawati
|
|
3
|
Irma Erfiana
|
|
4
|
KhabibaturRohmani
|
|
5
|
Lia Lutfianah
|
|
6
|
Lilis Zuliakhah
|
|
7
|
Mira Arumsari
|
|
8
|
Mislikhah
|
|
9
|
Novi Lailatul F.
|
|
10
|
Nurus Sakinah
|
|
11
|
Rina Zimatul F.
|
|
12
|
Ririn I.
|
|
13
|
Silvia Anggraini
|
|
14
|
Sri Retno N.
|
|
15
|
Zunia Masita
|
|
Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Setiap
pertanyaan nilainya 10, Jadi nilai maksimal adalah 100, nilai minimal 70 ini sesuai dengan KKM
Mengetahui
Jombang, September 2014
Kepala Madrsah
Guru Mata pelajaran
MOH. SYAIKHU,
SPd
Zainal Arifin, S.Pd.i
Tidak ada komentar:
Posting Komentar