RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Madrasah :
MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata
Pembelajaran :
Keterampilan Menjahit
Kelas
/
Semester :
VII / 1
Alokasi
Waktu :
6 X 40 menit
Pertemuan
Ke : 1- 3
Standar
Kompetensi :
Mengetahui pengertian dan asal-usul busana
Kompetensi
Dasar :
Menjelaskan pengertian busana.
KKM : 7
Indikator :
1. Mengetahui
Pengertian busana
2. Mengetahui
Asal-usul busana.
3. Mengetahui macam-macam busana.
4. Menetahui perkembangan busana
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1 - 3
1. Siswa dapat mengetahui arti busana
2. Siswa dapat mngetahui asal-usul busana.
3. Siswa dapat menyebutkan pemakaian istilah busana balam
bahasa inggris
4. Siswa dapat menyebutkan pemakaian istilah busana
dinegara-negara lain.
II. Materi Ajar
1. Pengertian busana
2. Asal-usul busana.
3. Bentuk dasar busana.
4. Istilah kata busana dinegara lain
III. Metode Pengajaran :
1. Menjelaskan pengertian busana
2. Ceramah, diskusi
3. Pemberian tugas/tugas mandiri
IV. Langkah Pengajaran :
Nilai Budaya karakter
Bangsa ( Kerja keras, mandir, Peduli Lingkungan, Tanggung Jawb )
Pertemuan
ke-1 -2
Pertemuan ke-1
A. Kegietan Awal : (Tahap
Situasional = 10 menit)
1. Mengabsen peserta didik
2. Mengkondisikan peserta didik
3. Memeriksa satu persatu kesiapan peserta didik untuk mengikuti
kegiatan pembelajaran.
4. Membimbing peserta didik yang
belum memahami tugas, perindividu
B. Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan
Tahap Konfirmasi = 25 menit)
1. Menggali pengetahuan peserta didik
Kembali tentang pengertian busana.
2. Mengecek kesiapan siswa untuk
melaksanakan tugas.
3. Membimbing dan mengarahkan peserta didik pada pemahaman yang
benar tentang pengertian dan asal-usul busana
4. Mengarahkan peserta didik untuk
memproses setiap langkah pemahaman
5. Memberikan penguatan /masukan dari
kerja siswa.
6. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpula
C. Kegietan Akhir : (Evaluasi = 10 menit, Tugas = 5 menit)
1. Melakukan penilaian terhadap hasil
kerja siswa.
2. Menugaskan peserta didik
melanjutkan pekerjaan dirumah.
Pertemuan ke-2
A. Kegietan Awal : (Tahap
Situasional = 10 menit)
1. Mengabsen peserta didik
2. Mengkondisikan peserta didik
3. Memeriksa satu persatu tugas
sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4. Membimbing peserta didik yang
belum memahami tugas, perindividu
B. Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan
Tahap Konfirmasi = 25 menit)
1. Menggali pengetahuan peserta didik
Kembali tentang pengertian busana.
2. Memberikan penguatan /masukan dari
kerja siswa.
3. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan
C. Kegietan Akhir : (Evaluasi = 10 menit, Tugas = 5 menit)
1. Melakukan penilaian terhadap hasil
kerja siswa.
2. Menugaskan peserta didik
melanjutkan pekerjaan diru
Pertemuan ke-3
A. Kegietan Awal : (Tahap
Situasional = 10 menit)
1. Mengabsen peserta didik
2. Mengkondisikan peserta didik
3. Memeriksa satu persatu tugas
sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4. Membimbing peserta didik yang
belum memahami tugas, perindividu
B. Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan
Tahap Konfirmasi = 25 menit)
1. Menggali pengetahuan peserta didik
Kembali tentang pengertian busana.
2. Memberikan penguatan /masukan dari
kerja siswa.
3. Membimbing peserta didik
merumuskan kesimpulan
C. Kegietan Akhir : (Evaluasi = 10 menit, Tugas = 5 menit)
1. Melakukan penilaian terhadap hasil
kerja siswa.
2. Menugaskan peserta didik melanjutkan
pekerjaan dirumah
V. Alat dan Sumber Belajar :
1. Media papan tulis
2. Buku Penuntun Membuat Pola Busana
Anak
3. Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita
oleh M.H. Wancik
VI. Penilaian :
1. Teknik Penilaian :
Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen :
Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi
Jawablah
pertanyaan ini dengan benar
1. Kata busana diambil dari bahasa apa dan apa
artinya ?
2 . Apa busana itu ?
3. Apa busana
mutlak itu ? Berikan contohnya !
4. Apa Aksesoris itu ? Berikan contohnya !
5 . Apakah Milineris
itu ? Berikan contohnya !
6. Apakah Pakaian itu ?
7. Busana National disebut……………
8. Busana……………disebut Moslem costume
9. Dres diartikan sebagai…………….
10. Buku mode
disebut……………
Alternatif
jawaban
1.
Kata busana diambil dari bahasa sansekerta yaitu
”Bhusana” yang artinya Busana atau pakaian
2.
Busana merupakan segala sesuatu yang kita pakai mulai
dari ujung rambut sampai ke ujung kaki.
3.
Busana muttlak adalah yaitu busana yang tergolong
busana pokok seperti baju, rok, kebaya, blus, bebe dan lain-lain, termasuk
pakaian dalam seperti singlet, bra, celana dalam dan lain-lain.
4.
Aksesoris yaitu pelengkap busana yang sifatnya hanya
untuk menambah keindahan sipemakai seperti cincin, kalung, leontin, bross dan
lain sebagainya.
5.
Milineris adalah pelengkap busana yang sifatnya
melengkapi busana mutlak, serta mempunyai nilai guna disamping juga
untukkeindahan seperti sepatu, tas, topi, kaus kaki, kaca mata, selendang,
scraf, shawl, jam tangan dan lain-lain.
6.
Pakaian merupakan bagian dari busana yang tergolong
pada busana pokok. Jadi pakaian merupakan busana pokok yang digunakan untuk
menutupi bagian-bagian tubuh
7.
National Costume.
8.
Moslem Costume.
9.
Dres, dapat
diartikan gaun, rok, blus yaitu busana yang menunjukkan kesempatan tertentu,
misalnya busana untuk kesempatan resmi disebut dress suit, busana
seragam dikatakan dress uniform dan busana untuk pesta disebut dress
party. Dress juga menunjukkan model pakaian tertentu seperti long dress,
sack dress dan Malaysian dress.
10. Fasion book.
Format Penilaian
Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Kesesuaian jawaban
dengan pertanyaan
|
||
1
|
Fitriah
|
|
2
|
Iis Ilawati
|
|
3
|
Irma Erfiana
|
|
4
|
KhabibaturRohmani
|
|
5
|
Lia Lutfianah
|
|
6
|
Lilis Zuliakhah
|
|
7
|
Mira Arumsari
|
|
8
|
Mislikhah
|
|
9
|
Novi Lailatul F.
|
|
10
|
Nurus Sakinah
|
|
11
|
Rina Zimatul F.
|
|
12
|
Ririn I.
|
|
13
|
Silvia Anggraini
|
|
14
|
Sri Retno N.
|
|
15
|
Zunia Masita
|
|
Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Setiap
pertanyaan nilainya 10, Jadi nilai maksimal adalah 100, nilai minimal 70 ini sesuai dengan KKM
Format Penilaian
Afektif :
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
Partisipasi Dalam
Kelompok
|
Kerjasama
|
Kerapihan Hasil
Kerja
|
Mengemukakan Gagasan
Saat Diskusi
|
|||||
1
|
Fitriah
|
|||||||
2
|
Iis Ilawati
|
|||||||
3
|
Irma Erfiana
|
|||||||
4
|
KhabibaturRohmani
|
|||||||
5
|
Lia Lutfianah
|
|||||||
6
|
Lilis Zuliakhah
|
|||||||
7
|
Mira Arumsari
|
|||||||
8
|
Mislikhah
|
|||||||
9
|
Novi Lailatul F.
|
|||||||
10
|
Nurus Sakinah
|
|||||||
11
|
Rina Zimatul F.
|
|||||||
12
|
Ririn I.
|
|||||||
13
|
Silvia Anggraini
|
|||||||
14
|
Sri Retno N.
|
|||||||
15
|
Zunia Masita
|
|||||||
Afektif: Skor
máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak
sekali atau intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup
atau intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang
atau intensitas renda
Format Penilaian
Kognitif
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||
Mengikuti Prosedur
|
Menganalisis data
|
Menarik Kesimpulan
|
Merancang
|
||||
1
|
Fitriah
|
||||||
2
|
Iis Ilawati
|
||||||
3
|
Irma Erfiana
|
||||||
4
|
KhabibaturRohmani
|
||||||
5
|
Lia Lutfianah
|
||||||
6
|
Lilis Zuliakhah
|
||||||
7
|
Mira Arumsari
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Mislikhah
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Novi Lailatul F.
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Nurus Sakinah
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Rina Zimatul F.
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Ririn I.
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Silvia Anggraini
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Sri Retno N.
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Zunia Masita
|
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Sesuai prosedur,
Analisis tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar,
Hipotesis sesuai
2 = Kurang sesuai
denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar,
Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai
dengan prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik
kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai
Format Penilaian
Kognitif Ketika Melakukan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Mengajukan
Pertanyaan
|
Menjawab Pertanyaan
|
Menyampaikan Argumen
|
||||
1
|
Fitriah
|
|||||
2
|
Iis Ilawati
|
|||||
3
|
Irma Erfiana
|
|||||
4
|
KhabibaturRohmani
|
|||||
5
|
Lia Lutfianah
|
|||||
6
|
Lilis Zuliakhah
|
|||||
7
|
Mira Arumsari
|
|
|
|
|
|
8
|
Mislikhah
|
|
|
|
|
|
9
|
Novi Lailatul F.
|
|
|
|
|
|
10
|
Nurus Sakinah
|
|
|
|
|
|
11
|
Rina Zimatul F.
|
|
|
|
|
|
12
|
Ririn I.
|
|
|
|
|
|
13
|
Silvia Anggraini
|
|
|
|
|
|
14
|
Sri Retno N.
|
|
|
|
|
|
15
|
Zunia Masita
|
|
|
|
|
|
Kognitif :
Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria s
3 = Pertanyaan
logis/jawaban tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan
mendekati logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
1 = Pertanyaan tidak
logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat
,
Mengetahui
Jombang, 13 Juli 2013
Kepala Madrsah Guru Mata pelajaran
MOH. SYAIKHU,
SPd Zainal Arifin, S.Pd.i
Tidak ada komentar:
Posting Komentar