SILABUS
Nama Madrasah : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran : Keterampilan
Menjahit
Kelas / semester : VII / 1
Standar Kompetensi : Mengetahui pengertian dan asal usul busana
Alokasi waktu : 20 jam @ 40 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1 Menjelaskan penggertian busana
1.
|
Pengetahuan:
- Mengetahui arti busana
-
- Mengetahui asal usul busana
-
– Mengetahui macam-macam busana
-
-Mengetahui perkembangan busana
Keterampilan:
-
Mampu mengartikan busana
-
Mampu menyebutkan asal usul
busana
-
Mampu mengemukakan proses
perkembangan busana
|
- Asal usul busana
-Pengertian busana
-perkembanngan busana
|
- Siwa Membaca buku materi
- Guru menjelaskan tentang pengertian asal usul
busana serta pengertian busana.
- Siswa
mengulang dan mengartikan busana sesuai dengan pemahamannya dibawah bimbingan
guru
|
- Observasi / pengamatan
- Tes tulis
- Tes lisan
- Praktek komunikasi dalam bekerja
|
4
|
|
|
Majalah
Buku modul
|
1.2 Menyebutkan fungsi busana
|
Pengetahuan:
- Mengetahui jenis-jenis busana
- Mengetahui fungsi busana
berdasarkan keperluan pemakaian
-Mengidentifikasi jenis-jenis
busana
Keterampilan :
-Mampu menyebutkan fungsi
busana
-Mampu menyebutkan jenis-
busana
-Mampu mengidentifikasi
jenis-jenis busana
|
- Fungsi-fungsi busana
- Jenis busana
-Macam-macam busana
|
- Siswa mempelajari modul
- Guru menjelaskan tentang
* Fungsi busana
* Jenis-jenis busana
- Siswa berdiskusi tentang fungsi dan jenis busana
|
- Tes tulis
- tugas kliping
|
3
|
|
|
- Modul
- Media cetak (majala,koran dan tabloit)
|
11.3 Pengelompokan busana dan pemeliharaan busana
|
Pengetahuan:
- Menjelaskan pengertian
pengelompokan busana
- Menjelaskan tujuan pengelompokan busana
- Mengidentifikasi jenis-jenis busana
Sikap :
- Mengaplikasikan berbusana sesuai dengan situasi
- Menghargai budaya yang berbeda
- Bertanggung jawab atas apa yang dipakai
Keterampilan:
- Mampu memilih busana sesuai dengan kondisi dimana dia tinggal
-Mampu memilih busana sesuai dengan waktu dan kesempatan
|
- Busana luar
-Busana dalam
-Memelihara busana
|
- Membaca modul
- Mendiskusikan tentang pengelompokan busana dan
cara memeliharanya
-
Mengaplikasikan dalam bentuk tanya jawab
|
- Tes tulis
- Tugas
- kelompok tanya jawab
|
3
|
|
|
- Lingkungan
- Modul
|
SILABUS
Nama sekolah :
MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester : VII / 1
Standar Kompetensi :
Pemanfaatan kain perca
Alokasi waktu :
20 jam @ 40 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1.Mengidentifikasi bahan-bahan kain perca
|
Pengetahuan :
- Menjelaskan pengertian
kain perca
- Mengetahui tujuan
pemanfaatan kain perca
- Mengetahui cara
memanfaatkan kkain perca
- Menjelaskan prosedur pemanfaatan
kain perca
- Mengetahui hal-hal
yang berkaitan dengan kain perca
Sikap :
- Memiliki kesadaran
dalam menjaga lingkungan dengan memanfaatkan sisa kain
- Teliti dalam
melakukan / melaksanakan pekerjaan
Keterampilan:
- Menerapkan prosedur
bekerja sesuai dengan tahapan
|
- Identifikasi kain perca
- Macam- macam kain
perca
- manfaat kain perca
- Cara memanfaatkan
kain perca
|
- Menjelaskan
tentang pengertian kain perca
- Meresum tentang
manfaat kain perca
|
-Tes tulis
- tes lisan
|
3
|
|
|
Buku modul
|
1.2 Mengikuti prosedur cara membuat tas berbahan
dasar kain perca
|
Pengetahuan :
- Mengetahui
jenis-jenis kain perca
- Mengerti cara membuat
tas dari kain perca
Keterampilan :
- Menerapkan cara
memanfaatkan kain perca sesuai dengan kebutuhan membuas tas
|
- Cara memanfaatkan
kain perca
- Pola tas dari
kain perca
|
- Menjelaskan
tentang bahan pendukung
|
- Tes tulis
-praktek
|
3
|
|
|
Buku modul
|
1.3.Menerapkan cara memanfaatkan kain perca
|
Pengetahuan :
- Mengetahui cara
membuat tas
Sikap :
- Memiliki kesadaran akan
manfaat kain perca
- Apresiatif terhadap manfaat
kain perca
Keterampilan :
- Memiliki kemampuan
membuat tas berbahan dasar kain perca
- Menerapkan
prinsip-prinsip pemanfaatan kain perca
|
-Tahapan
pembuatan tas dari kain perca.
-Memghias tas
dari kain perca
|
- Menjelaskan
tentang :
-Cara membuat tas
-Model-model tas
- Mengerjakan tugas (soal)
- Membahas Tugas
|
- Tes tulis
- Praktek
|
4
|
|
|
Buku modul
Lingkungan
|
Menetahui
Jombang; Juli 2013
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
MOH.
SYAIKHU, S. Pd Zainal Arifin, S.Pd.i
SILABUS
Nama Madrasah : MTs
Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran : Keterampilan
Menjahit
Kelas / semester : VII / 2
Standar Kompetensi : Membuat busana
anak
Alokasi waktu : 20 Jam @
40 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1 Mengelompokkan
macam-macam busana anak
|
Pengetahuan :
- Mengetahui macam-macam busana anak
- Mengetahui
jenis-jenis bahan yang akan dibuat
- Memahami model dari
busana anak
- Memahami pentingnya
jenis-jenis bahan yang akan dibuat
Sikap :
- Cermat dan teliti
dalam memilih bahan busana anak
- Jenis bahan yang akan
dibuat
- Memilih macam-macam
model busana anak
Keterampilan:
- Mengelompokkan macam-macam busana anak
- Memahami model dari
macam-macam busana anak
- Mengetahui
macam-macam busana berdasarkan usia
|
- Macam-macam busana
anak
- Bahan yang akan
dibuat
- Menentukan model dari
busana anak
- Umur
* 5 th
* 6 th
* 7 th
* 8 th
* 9 th
* 10 th
* 11 th
* 12 th
|
- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan macam-macam busana anak
- Guru menjelaskan macam-macam busana anak berdasarkan umur
- Siswa membuat macam-macam model busana anak
|
- Tes tulis
- Tes lisan
- Praktek
- Pengamat
an
|
2
|
|
|
- Modul
|
1.2 Memotong bahan
|
Pengetahuan :
- Mengetahui cara meletakkan bahan dengan baik dan benar
- Mengetahui teknik memotong secara benar
- Menjelaskan cara memotong bahan
- Menjelaskan tujuan meletakkan bahan sesuai arah serat kain
Sikap :
- Memiliki sikap
kewaspadaan dan ketelitian dalam memotong bahan
- Memperhatikan arah
serat bahan
Keterampilan :
- Dapat memotong bahan
dengan baik dan cermat
- Melakukan pengecekan
bahan
|
- Cara-cara memotong bahan
- Menyiapkan
bahan-bahan atau alat-alat potong
- Memperhatikan arah
serat kain yang akan dipotong
|
- Observasi/ pengamatan
- Tes tulis
- Praktek cara memotong bahan
|
- Hasil praktek
|
2
|
|
|
- Modul
|
1.3 Menjahit busana anak
|
Pengetahuan :
- Mengetahui cara dan langkah-langkah menjahit busana anak
- Mengetahui jenis bahan
- Menjelaskan tujuan menjahit dengan benar
- Menjelaskan teknik menjahit busana anak
Sikap :
- Ketelatenan dalam menjahit
busana
- Memperhatikan sikap
tubuh dalam menjahit busana anak
- Kerapihan hasil dari
jahitan busana anak
- Kebersihan hasil
jahitan
Keterampilan :
- Menjahit dengan baik
- menerapkan
keselamatan dalam menjahit busana anak
- Menyelesaikan jahitan
dengan rapi
|
- Alat-alat menjahit busana anak seperti :
* Benang
* Jarum
* mesin
* Gunting
- Menyiapkan alat menjahit busana anak
- Mengecek dari hasil jahitan
|
- Guru menjelaskan langkah-langkah menjahit busana anak
- Siswa mempraktekkan cara menjahit busana anak
- Siswa menerapkan tata urutan cara menjahit busana anak
|
- Observasi /
pengamatan
- Praktek cara menjahit
busana anak
- Hasil jahitan busana
anak
|
2
|
|
|
- Modul
- Alat-alat jahit
|
1.4 Menyelesaikan busana anak
dengan jahitan tangan
|
Pengetahuan :
- Menyiapkan alat jahit
tangan dengan cermat dan tertib
- Teliti dalam menjahit
busana dengan jahitan tangan
- Memahami cara penggunaan alat menjahit tangan
- memahami teknik
menjahit busana anak dengan tangan
Sikap :
- Memiliki sikap kerja
dalam menyelesaikan busana anak dengan jahitan tangan
- Teliti dan hati-hati
dalam menyelesaikan busana anak dengan jahitan tangan
- kerapihan hasil dari
busana anak dengan jahitan tangan
Keterampilan :
- Mengetahui cara
menjahit busana anak dengan jahitan tangan
- Menyelesaikan dengan
baik busana anak dengan jahitan tangan
- Memperbaiki hasil
dari busana anak dengan jahitan tangan
|
- Kesehatan dan
keselamatan dalam bekerja dengan jahitan tangan
- Alat-alat jahitan
tangan
- Busana anak yang akan
di jahit tangan
|
- Guru menjelaskan cara
menjahit busana anak dengan jahitan tangan
- Guru menjelaskan
peralatan dan perlengkapan alat jahit tangan
- Siswa mempraktekkan
cara menjahit busana anak dengan jahitan tangan
|
- Observasi/ pengamatan
- Praktek
|
2
|
|
|
- Modul
- Alat jahit tangan
|
1.5 Menghitung harga jual
|
Pengetahuan :
- Memahami cara
menghitung harga jual
- Memahami cara
merancang bahan
- Memahami cara
menghitung habisnya bahan yang digunakan
- Menjelaskan tujuan
merancang harga jual
Sikap :
- Cermat dan teliti
dalam menghitung harga jual
- Cermat dan teliti
dalam mengecek hasil penghitungan harga jual
Keterampilan :
- Melaksanakan
penghitungan harga jual dengan benar
- Melakukan pengecekan
menghitung harga jual
|
- Cara menghitung harga
jual
- Tujuan menghitung
harga jual
- Menentukan harga jual
- Menentukan habisnya
bahan
|
- Guru menjelaskan cara
menghitung harga jual
- Siswa mempraktekkan
cara menghitung harga jual
- Siswa membaca modul
|
- Tes tulis
- Praktek menghitung harga jual
|
2
|
|
|
- Modul
|
SILABUS
Nama Madrasah : MTs
Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester : VII / 2
Standar
Kompetensi : Membuat busana bayi
Alokasi waktu : 20 Jam @
40 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1 Mengelompokkan macam-macam
busana bayi
|
Pengetahuan :
- Mengetahui umur bayi dari umur 0 s/d 1th
- mengetahui jenis
bahan untuk membuat busana bayi
- Mengetahui
macam-macam busana bayi menurut umur
Sikap :
- Mengetahui
macam-macam busana bayi
- Memperhatikan kenyamanan
busana bayi
Keterampilan :
- Memberikan hiasan
busana pada busana bayi sesuai usia
-Dapat memilih bahan
yang sesuai untuk busana bayi
- Dapat menentukan
model busana bayi yang sesuai dan nyaman dipakai
|
- Cara menghitung harga
jual
- Tujuan menghitung
harga jual
- Menentukan harga jual
- Menentukan habisnya
bahan
|
- Guru menjelaskan cara
menghitung harga jual
- Siswa membaca modul
- Siswa mempraktekkan
cara menghitung harga jual
|
- Tes tulis
- Praktek meng
hitung harga jual
|
2
|
|
|
- Modul
|
1.2 Memotong bahan
|
Pengetahuan :
- Mengetahui teknik
atau cara memotong bahan
- mengetahui cara
meletakkan bahan /busana bayi
- Memperhatikan arah
serat bahan
Sikap :
- Hati-hati pada waktu memotong busana bayi
- Cermat dan teliti dalam menggunakan alat potong
Keterampilan :
- Melaksanakan memotong
bahan dengan baik dan benar
- Menerapkan
keselamatan pada saat memotong bahan
|
- Bahan-bahan yang akan
dipotong
- Alat-alat potong
- Pengecekan hasil
memotong bahan atau busana bayi
|
- Guru menjelaskan cara
memotong bahan dengan baik
- Siswa mempraktekkan
cara memotong bahan busana bayi
- Guru menjelaskan
bagaimana bekerja/memotong bahan dengan menjaga keselamatan kerja
|
- Observasi atau
pengamatan
- Praktek
- hasil praktek
|
2
|
|
|
- Modul
|
1.3 Menjahit busana bayi
|
Pengetahuan :
- Mengetahui teknik
menjahit busana bayi
- Menjahit busana bayi
dengan memperhatikan kenyamanan pada saat dipakai
- Mengetahui tujuan
menjahit busana bayi dengan baik dan benar
- Ketelitian dalam
menjahit busana bayi
Sikap :
- Teliti dan hati-hati
pada saat menjahit busana bayi
- Menjahit busana bayi
sesuai dengan langkah kerja
- Kerapihan dalam
menjahit busana bayi
Keterampilan :
- Menerapkan prinsip K3
- Melaksanakan
pengecekan pada saat menjahit busana bayi
|
Alat-alat jahit
- Mesin jahit
- Cara-cara menjahit
busana bayi
- Bahan busana bayi
|
- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan cara
menjahit busana bayi dengan rapi
- Siswa mempraktekkan
cara menjahit busana bayi
|
- Oservasi atau
pengamatan
- Hasil praktek
menjahit busana bayi
|
2
|
|
|
- modul
|
1.4 Menyelesaikan busana bayi dengan jahitan tangan
|
Pengetahuan :
- Mengetahui cara menyelesaikan
busana bayi dengan jahitan tangan
- mengetahui tujuan
menjahit busana bayi dengan jahitan tangan
- memahami cara
penggunaan alat dengan jahitan tangan
- Menjahit busana bayi
dengan rapi
Sikap :
- Cermat dan teliti
pada saat menjahit dengan jahitan tangan
- Dapat menjahit busana
bayi dengan rapi
- Menyelesaikan
menjahit tangan dengan memperhatikan kenyamanan dari bayi / busana bayi
Keterampilan :
- Menyiapkan alat jahit
tangan
- merapikan hasil
menjahit tangan
- menggunakan alat
jahit tangan sesuai dengan fungsinya
|
-Alat-alat jahit tangan
- Busana bayi
- perlengkapan busana
bayi
|
- Guru menjelaskan cara
menyelesaikan busana bayi dengan jahitan tangan
- Siswa mempraktekkan
cara menyelesaikan busana bayi dengan jahitan tangan
|
-Tes tulis
- praktek menghitung
harga jual
|
2
|
|
|
- Modul
|
1.5 Melakukan pengepresan
|
Pengetahuan :
- Mengetahui alat-alat pengepresan
- mengetahui tujuan melakukan pengepresan
- mengetahui kegunaan pengepresan pada busana bayi
Sikap :
- Cermat dan teliti pada waktu melakukan pengepresan pada busana bayi
- Hati-hati dalam melakukan pengepresan
- Memiliki cara melakukan pengepresan pada busana bayi
Keterampilan :
- Melakukan pengepresan pada busana bayi dengan baik
- Mengutamakan keselamatan pada saat melakukan pengepresan pada busana
bayi
- merapikan hasil pengepresan pada busana bayi
|
- Cara-cara melakukan
pengepresan
- Tujuan melakukan
pengepresan pada busana bayi
- Bahan /busana bayi
- Mengecek dari hasil
melakukan pengepresan pada busana bayi
-
|
- Guru menjelaskan cara melakukan pengepresan pada busana bayi
- Siswa menanyakan tentang cara melakukan pengepresan pada busana
bayi
- Siswa mempraktekkan cara melakukan pengepresan busana bayi dengan baik
dan benar
-
|
- tes tulis
- Pengamatan
- Hasil praktek
-
|
2
|
|
|
- Modul
-Alat-alat pengepresan
|
Menetahui
Jombang; Juli 2013
Kepala
Madrasah
Guru Mata Pelajaran
MOH.
SYAIKHU, S. Pd Zainal Arifin, S.Pd.i
SILABUS
Nama Madrasah : MTs
Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester : VIII / 1
Standar Kompetensi : Pemeliharaan
bahan tekstil dan mengidentifikasi jenis bahan
Alokasi waktu : 20 jam @ 40 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1.Memeriksa kualitas
bahan utama
|
Pengetahuan :
- Peserta didik dapat mengetahui bahan utama yang
berkualitas
Sikap :
- Teliti dan cermat dalam memeriksa mutu bahan utama
dan
- Mampu memilih bahan utama sesuai dengan desain
Keterampilan :
- Teliti dalam memeriksa kualitas bahan utama
- Peserta didik dapat memilih bahan utama sesuai
dengan desain
|
- Macam-macam bahan utama
yang berkualitas
- Penelitian bahan
utama(tekstil) berdasarkan jenis kain dan asal serat
- Pemilihan bahan utama
sesuai dengan desain
|
- Siswa mempelajari
modul
- Guru menjelaskan
tentang macam-macam bahan yang berkualitas
- Guru menjelaskan
tentang penelitian bahan berdasarkan asal serat
- Siswa praktek uji
coba serat bahan tekstil
- Guru menjelaskan
tentang pemilihan bahan utama yang sesuai dengan desain
- Tanya jawab
|
- Tes tulis
- Laporan hasil
penelitian asal serat bahan utama
- Kliping macam-macam
bahan utama yang sesuai dengan desain
- Hasil praktek
pembuatan busana
|
4
|
|
|
Modul
|
1.2. Memeriksa kualitas bahan pelengkap
|
Pengetahuan :
- Peserta didik dapat
mengetahui macam-macam bahan pelengkap
- Peserta didik dapat
memahami cara memeriksa bahan pelapis
Sikap :
- Dapat memilih bahan
pelapis sesuai dengan jenis busana
Keterampilan :
- Teliti dan tepat
dalam pemilihan bahan pelapis busana
- Dapat menyesuaikan
bahan pelapis sesuai dengan jenis busana
|
- Macam-macam bahan pelengkap
- Jenis-jenis bahan pelapis
- Pemilihan bahan pelapis sesuai dengan busana yang akan di praktekkan
|
-Guru menjelaskan macam-macam bahan pelengkap,dan macam-macam merk bahan pelengkap
- Cara memeriksa kualitas bahan pelengkap
|
-Kliping macam-macam bahan pelengkap
- Tes tulis
- pengamatan dari hasil praktek (Dalam hal pemilihan bahan pelengkap)
|
4
|
|
|
|
1.3. Memelihara bahan tekstil
|
Pengetahuan
- Peserta didik dapat
mengetahui cara memelihara bahan tekstil
Sikap
- Teliti dalam memelihara
bahan tekstil
Keterampilan
- Dapat memelihara
bahan tektil baik dengan manual maupun dengan mesin cuci
|
- Pemeliharaan bahan
tekstil
-
Jenis- jenis serat
-
Sifat bahan tekstil
-
Mencuci secara manual.
-
Mencuci dengan mesin cuci.
|
- Siswa melaksanakan pemeliharaan busana
- Praktek memelihara busana
|
- Hasil pemeliharaan busana
- Kerapihan busana
|
2
|
|
|
- Busana hasil praktek pemeliharaan
|
SILABUS
Nama Madrasau :
MTs Al-Hidayakh Ketrampilan
Mata pelajaran :Keterampilan
Menjahit
Kelas / semester :VIII
/ 1
Standar Kompetensi :
Menggambar busana
Alokasi waktu : 20 jam @ 40 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1 Memahami bentuk bagian-bagian busana
|
Pengetahuan :
- Mengetahui tentang
bentuk bagian-bagian busana
Sikap :
- Rensponsip dan teliti
dalam menggambar bagian-bagian busana
Keterampilan:
- Menggambar bentuk
bagian-bagian busana
|
- Pengetahuan
dasar-dasar desain meliputi :
* Unsur dan prinsip
desain
* Bagian-bagian busana
|
- Guru menjelaskan
tentang bentuk bagian-bagian busana
|
- Tes tulis
- Kliping macam-macam
bentuk bagian busana
|
4
|
|
|
Buku modul
|
1.2 Mendiskripsikan bentuk proporsi dan anatomi beberapa tipe
tubuh manusia
|
Pengetahuan :
- Mengetahui tentang
membuat proporsi tubuh manusia
Sikap :
- Cermat dan teliti
dalam membuat desain sesuai prosporsi tubuh manusia
Keterampilan:
- Dapat membuat
proporsi tibuh manusia
|
-
Alat dan Bahan untuk Mendesain
-
Ukuran proporsi tubuh manusia,
bentuk tubuh manusia
|
- Siswa menggambar /
membuat proporsi tubuh manusia sesuai dengan standar ukuran
|
- Hasil praktek
menggambar proporsi tubuh manusia
|
4
|
|
|
Buku modul
|
1.3 Penyelesaian pembuatan
gambar
|
Pengetahuan :
- Mengetahui
dasar-dasar teknik megggambar
Sikap :
- Cermat, teliti, dan
rapih dalam menggambar
Keterampilan :
- Menyelesaikan gambar
busana dengan pinsil, spidol,drawing pen
|
-
Menggambar bagian- bagian
busana.
-
Pewarnaan dan penyelesaian
gambar
|
- Praktek menggambar
busana pada proporsi tubuh manusia dengan berbagai macam teknik (teknik
basah, kering)
|
- Hasil praktek menggambar
busana
|
2
|
|
|
Buku modul
|
Menetahui
Jombang; Juli
2013
Kepala
Madrasah
Guru Mata Pelajaran
MOH.
SYAIKHU, S. Pd Zainal Arifin, S.Pd.i
SILABUS
NamaMadrasah : MTs
Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran : Keterampilan Menjaht
Kelas / semester : VIII / 2
Standar Kompetensi : Membuat busana
wanita
Alokasi waktu : 20 Jam @ 40 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1. Mengelompokkan
macam-macam busana wanita
|
Pengetahuan :
- Menjelaskan tentang
pengelompokkan macam-macam busana wanita
Sikap :
- Dapat mengelompokkan
macam-macam busana wanita
Keterampilan :
- Pengelompokan
macam-macam busana wanita sesuai dengan kesempatan
|
- Macam-macam busana
wanita sesuai dengan kesempatan
|
- Siswa membaca modul
tentang macam-macam busana wanita
- Guru menjelaskan
tentang pengelompokkan macam-macam busana wanita
- Siswa mengelompokkan
macam-macam busana wanita
|
-Tes tulis
- Tes lisan
- Membuat kliping
macam-macam busana wanita
|
3
|
|
|
Buku modul
|
1.2 Memotong bahan
|
Pengetahuan :
- Dapat menyiapkan
bahan :
·
Kualitas dan kuantitas
·
Cacat bahan
·
Penyusut bahan :
- Dengan
steam
- Di
rendam
- Disemprot
- Disetrika
- Menjelaskan cara meletakkan pola diatas bahan
- menjelaskan teknik memotong
Sikap :
- Cermat mempersiapkan
bahan menjadi bahan siap potong
-Teliti dan kreatif
dalam merancang peletakan pola diatas bahan
- Memotong dengan
memperhatikan K3
Keterampilan :
- Menyiapkan bahan siap
potong
- Menata pola diatas
bahan
- Memotong sesuai K3
|
- Persiapan bahan untuk
di potong
- Meletakkan pola di
atas bahan
- Teknik memotong
- Memindahkan tanda
pola
|
- Siswa praktek
meletakkan pola di atas bahan
- Guru menjelaskan
teknik memotong bahan dengan benar
- Siswa mempraktekkan
memotong bahan dengan teknik yang benar
|
- Tes tulis
- Praktek memotong
bahan
- Hasil praktek
memotong bahan
|
2
|
|
|
Buku modul
|
1.3 Menjahit
busana wanita
|
Pengetahuan :
- Menjelaskan cara
menjahit busana wanita sesuai tertib
kerja
Sikap :
- Teliti dalam menjahit
busana wanita
Keterampilan :
- Menjahit busana
wanita sesuai tertib kerja
|
- Cara menjahit busana wanita sesuai tertib kerja
|
- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan
tentang tertib kerja menjahit busana wanita
- Siswa praktek
menjahit busana wanita
|
- Tes tulis
- Praktek menjahit
busana wanita
|
3
|
|
|
Buku modul
|
1.4 Menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan
|
Pengetahuan :
- Menjelaskan cara
menyelesaikan busana wanita dengan
jahitan tangan
Sikap :
- Teliti dalam
menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan
Keterampilan :
- Menyelesaikan
busana wanita dengan jahitan tangan sesuai tertib kerja
|
-Cara menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan
|
- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan tentang cara menyelesaikan busana wanita dengan jahitan
tangan
- Siswa praktek menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan
|
- Tes tulis
- Praktek menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan
|
2
|
|
|
Buku modul
|
SILABUS
Nama Madrasah : MTs Al-Hidayah
Ketrampilan
Mata pelajaran : Keterampilan
Menjahit
Kelas / semester : VIII / 2
Standar Kompetensi : Membuat busana
pria
Alokasi waktu : 20 Jam @
40 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1
Mengelompokkan macam-macam
busana pria
|
Pengetahuan :
- Mengetahui macam-macam busana pria
- Mengetahui
ciri-ciri desain busana pria
- Mengetahui cara
mengukur dan membuat pola busana pria (kemeja,celana vest,jas)
Sikap :
- Terampil dalam
membuat desain busana pria
- Teliti dalam
mengukur dan membuat pola busana pria
Keterampilan :
- Peserta didik
dapat menyebutkan macam-macam busana pria
- Peserta didik
dapat kreatif membuat desain busana pria
- Peserta didik
dapat mengukur untuk membuat pola busana pria(kemeja, celana,vest, jas)
dengan teliti
|
- Macam-macam busana
pria
- Ciri desain busana
pria
- Membuat desain busana
pria
- Macam-macam ukuran
standart busana pria
- Teknik mengukur untuk
membuat pola busana pria (kemeja,celana, vest,jas)
|
- Guru menjelaskan
macam busana pria, ciri desain busana pria
- Tanya jawab
- Guru menjelaskan
macam-macam ukuran dalam pembuatan busana pria
- Guru menjelaskan cara
mengukur dalam pembuatan busana pria (kemeja, celana, vest,jas)
- Siswa membuat desain
busana pria (kemeja, celana, vest, jas)
- Siswa
mendemonstrasikan mengukur untuk busana pria
- Siswa membuat pola
busana pria ( kemeja, celana, vest, jas) sesuai dengan ukuran dan desain yang
telah dibuat
|
- Tes lisan
- Tes tulis
- Pengamatan /observasi
- Hasil praktek desain
busana pria
- Hasil pola busana
pria
|
2
|
|
|
Buku panduan pembuatan busana pria MH Wancik
|
1.2 Memotong bahan
|
Pengetahuan :
- Mengetahui
macam-macam alat potong
- Mengetahui teknik
peletakan pola di atas bahan
- Mengetahui teknik
memotong
- Mengetahui cara memberi tanda pola pada bahan
Sikap :
- Peserta didik terampil dan teliti dalam
memotong bahan dan memberi tanda pola
Keterampilan :
- Dapat menggunakan
macam-macam alat memotong
- Peserta didik
terampil dan teliti dalam pembuatan rancangan bahan dan peletakan poladi atas
bahan
- peserta didik teliti dalam
pemberian tanda pola
|
- Macam-macam alat
memotong
- Membuat rancangan
bahan
- Teknik memotong bahan
- Macam-macam tanda
pola
- Teknik memberi tanda
pola pada pembuatan busana pria
|
- Menjelaskan dan
menunjukkan macam-macam alat memotong
dan alat tanda pola
- Macam-macam tanda
pola
- Siswa menyimak
- Tanya jawab
- Guru menjelaskan
teknik memotong dan memberi tanda pola
|
- Tes tulis
- Pengamatan
- Hasil praktek
memotong dan memberi tanda pola
|
2
|
|
|
Buku panduan pembuatan busana pria
|
1.3 Menjahit busana pria
|
Pengetahuan :
- Mempersiapkan
alat dan tempat menjahit
- Menjahit
busana pria
* Menjahit
kemeja pria
* Menjahit
celana pria
* Menjahit vest
pria
* Menjahit jas
pria
Sikap :
- Peserta didik dapat
membuat busana pria dengan baik dan teliti
Keterampilan :
- Peserta didik teliti
dalam mempersiapkan alat dan tempat menjahit sesuai dengan standart prosedur
K3
- Peserta didik dapat
menjahit busana pria(kemeja, celana, vest, jas)
|
- Penerapan prosedur K3 dalam
menjahit busana pria
- Membuat fragmen kerah kemeja dan kerah jas
- membuat fragmen macam- macam saku (saku tempel, saku vest, saku klep,
saku passepoille, saku sisi)
- Membuat fragmen belahan manset, gulbi celana
- Menjahit kemeja pria sesuai dengan desain
- Menjahit vest
- Menjahit celana pria
|
- Siswa mempersiapkan
alat dan tempat yang sesuai dengan standart dan prosedur K3
- Siswa menjahit
macam-macam fragmen (kerah kemeja,kerah jas, saku tempel, saku sisi, belahan
manset, gulbi)
- Siswa menjahit kemeja
- Siswa menjahit celana
pria
- Siswa menjahit vest
- Siswa menjahit jas
pria
|
- Pengamatan/ observasi tentang kelengkapan alat menjahit
- hasil praktek macam-macam fragmen
- Hasil praktek kemeja, vest, jas dan celana
|
4
|
|
|
Modul
|
1.4 Penyelesaian busana pria
dengan jahitan tangan
|
Pengetahuan :
- Peserta didik dapat
mengetahui macam-macam penyelesaian
busana pria
Sikap :
- Teliti dan tepat
dalam pemilihan macam-macam penyelesaian
busana pria dengan jahitan tangan
Keterampilan :
- Peserta didik teliti
dalam menyelesaikan busana pria
|
-Macam-macam penyelesaian busana pria dengan jahitan tangan (penye
lesaian kelim, pemasangan kancing, pembuatan lubang kancing, pemasangan hak
celana
|
-Peserta didik mempraktekkan macamacam penyelesaian busana pria dengan
jahitan tangan ( penyelesaian kelim, pemasangan kancing, hak celana,
pembuatan lubang kancing)
|
- Hasil praktek
|
2
|
|
|
- Modul
- Buku panduan MH Wancik
Pembuatan busana pria
|
Menetahui
Jombang; Juli 2013
Kepala
Madrasah
Guru Mata Pelajaran
MOH.
SYAIKHU, S. Pd Zainal Arifin, S.Pd.i
SILABUS
Nama Madrasah : MTs
Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester : IX / 1
Standar Kompetensi : Pecah pola
busana sesuai desain
Alokasi waktu : 20 Jam @
40 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1 Menjelaskan konsep dasar
pecah pola busana wanita
|
Pengetahuan:
- Menjelaskan konsep
dasar pecah pola busana wanita
-Menjelaskan maca- bentuk tubuh
Sikap :
- Cermat dalam memilih pecah
pola
-Teliti dalam memperhatikan
desin
Keterampilan :
- Mengidentifikasi gambar
desain
- Menentukan desain
pola yang sesuai
|
- Konsep dasar pecah
pola busana wanita
- Desain Pakaian atas
dan bawah
|
- Menjelaskan dasar
pecah pola busana wanita
- Membuat Desain Pakaian atas dan
bawah
|
- Tes tulis
- Kliping
|
3
|
|
|
Modul
|
1.2 Menjelaskan Pecah pola rok
sesuai desain
|
Pengetahuan :
- Menjelaskan pecah
pola rok
-Mengetahui macam macam desain rok
Sikap :
-Teliti dalam membuat
pecah pola rok sesuai desain
Keterampilan :
- Terampildalam membuat
pecah pola rok sesuai desain
|
-Pecah pola rok sesuai desain
-Macam macam desain rok
|
- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan Pengertian Pecah pola rok sesuai desain
- Guru menjelaskan Macam macam desain rok
|
- Tes tulis
- Kliping
|
4
|
|
|
- Modul
- buku
|
1.3 Menjelaskan Pecah pola blus
sesuai desain
|
Pengetahuan :
- Menjelaskan pecah
pola blus
-Mengetahui macam macam desain blus
Sikap :
-Teliti dalam membuat
pecah pola blus sesuai desain
Keterampilan :
-Terampil dalam membuat
pecah pola blus sesuai desain
|
-Pecah pola blus sesuai desain
-Macam macam desain blus
|
- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan Pengertian Pecah pola rok sesuai desain
- Guru menjelaskan Macam macam desain rok
|
- Tes tulis
- Kliping
|
3
|
|
|
- Modul
- Majalah (media cetak)
|
SILABUS
NamaMadrasah : MTs
Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran :
Keterampilan Menjahit
Kelas / semester : IX / 1
Standar Kompetensi : Melaksanakan Persiapan
Menjahit
Alokasi waktu : 20 Jam @
40 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1. Menyiapkan tempat
kerja
|
Pengetahuan :
- Mengetahui
jenis-jenis alat yang disiapkan sebelum bekerja
- Dapat mengatur tempat kerja
-Mengetahui manfaat dari penerapan
tempat kerja
Sikap :
- Teliti dan cermat
dalam mengatur tempat kerja
|
- Menyiapkan tempat
kerja
-Manfaat dari penerapan
tempat kerja
|
- Guru menjelaskan hal-hal
yang perlu disiapkan seblum bekerja
- Siswa mempersiapkan
alat jahit dan alat bantu jahit
- Guru menjelaskan
tentang manfaat
dari penerapan tempat kerja
|
- Kelengkapan alat
jahit dan alat bantu jahit
- Tes tulis
|
3
|
|
|
Buku panduan
|
1.2. Mengidentifikasi dan
menyiapkan bahan bahan
|
Pengetahuan ;
- Mengetahui cara memilih
bahan
- Mengetahui cara memeriksa
bahan
Sikap :
- Dapat memilih bahan
Keterampilan :
-Tepat dalam memeriksa
bahan
- Teliti dalam
memeriksa bahan
|
- Menyiapkan dahan
|
- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan cara memilih bahan
- Guru menjelaskan tentang cara memeriksa bahan
|
- Tes tulis
- Tes lisan
- Praktek
|
3
|
|
|
- Modul
|
1.3. Meletakkan pola pada bahan
|
Pengetahuan :
- Mengetahui cara
membuat rancangan bahan
- Menjelaskan cara meletakkan
bahan
Sikap :
- Memelihara rancangan
bahan
Keterampilan :
- Merawat rancangan
bahan secara rutin dan berkala
|
- Meletakkan pola
diatas bahan
|
- Guru menjelaskan cara
meletakkan bahan
- Guru menjelaskan t ujuan membuat rancangan bahan
|
- Tes tulis
- Praktek memperbaiki
kerusakan kecil pada mesin
|
4
|
|
|
Buku modul
|
Menetahui Jombang; Juli
2013
Kepala
Madrasah
Guru Mata Pelajaran
MOH.
SYAIKHU, S. Pd Zainal Arifin, S.Pd.i
SILABUS
NamaMadrasah : MTs
Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran :
Keterampilan Menjahit
Kelas / semester : IX / 2
Standar Kompetensi :Menjahit dan
penyelesaian
Alokasi waktu : 20 Jam @
40 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.2. Memotong bahan
sesuai dengan pola
|
Pengetahuan :
- Mengetahui cara
memotong bahan
- Dapat memotong bahan
-Mengetahui cara
mengemas pola
Sikap :
- Teliti dan cermat
dalam memotong dan mengemas pola
|
- Memotong bahan
-Mengemas pola
|
- Guru menjelaskan cara
memotong bahan
- Guru menjelaskan
tentang cara
mengemas pola
|
- Kelengkapan alat
jahit dan alat bantu jahit
- Tes tulis
|
3
|
|
|
Buku panduan
|
1.2. Memindah Tanda-tanda Pola
|
Pengetahuan ;
- Mengetahui cara memindah
tanda-tanda pola
- Mengetahui tanda-tanda pola yang harus dipindah
Sikap :
- Dapat memindah pola
Keterampilan :
-Tepat dalam memindah
tanda-tanda pola
|
- Menyiapkan dan
memindah tanda-tanda pola
|
- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan cara memindah tanda-tanda pola
|
- Tes tulis
- Praktek
|
3
|
|
|
- Modul
|
1.3. Menjahit bahan
|
Pengetahuan :
- Mengetahui cara
membuat rancangan bahan
- Menjelaskan cara meletakkan
bahan
Sikap :
- Memelihara rancangan
bahan
Keterampilan :
- Merawat rancangan
bahan secara rutin dan berkala
|
- Menjahit bahan
|
- Guru menjelaskan cara
Menjahit bahan
- Guru menjelaskan langkah-langkah menjahit bahan
|
- Tes tulis
- Praktek
|
4
|
|
|
Buku modul
|
Menetahui
Jombang; Juli 2013
Kepala
Madrasah
Guru Mata Pelajaran
MOH.
SYAIKHU, S. Pd Zainal Arifin, S.Pd.i
BAGUS BISA MEMBANTU KAMI YANG MASIH AWAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN NON FORMAL
BalasHapusAssalamualaikum....
BalasHapusYang terhormat Pendidikan Insan Mulia, silabus ini sangat membantu sekali. mohon ijin untuk kami pergunakan sebagai acuan atau dasar pembuatan silabus kami ya....
terimakasih