Kamis, 28 November 2013

Silabus Keterampilan Menjahit (Tata Busana) SMP/MTs

Silabus ini merupakan penyederhanaan dari silabus Tata Busana SMK, yang kami sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak didik kami.


SILABUS

 

Nama Madrasah          : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran             : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester          : VII / 1
Standar Kompetensi   : Mengetahui pengertian dan asal usul busana
Alokasi waktu             : 20 jam @ 40 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1 Menjelaskan penggertian busana



















1.








Pengetahuan:
- Mengetahui arti busana
-          - Mengetahui asal usul busana
-           – Mengetahui macam-macam  busana
-          -Mengetahui perkembangan busana

Keterampilan:
-    Mampu mengartikan busana
-    Mampu menyebutkan asal usul busana
-    Mampu mengemukakan proses perkembangan  busana


- Asal usul busana
-Pengertian busana
-perkembanngan busana

- Siwa Membaca buku materi
- Guru menjelaskan tentang pengertian asal usul busana serta pengertian busana.
-  Siswa mengulang dan mengartikan busana sesuai dengan pemahamannya dibawah bimbingan guru



- Observasi /  pengamatan
- Tes tulis
- Tes lisan
- Praktek komunikasi dalam bekerja
4


Majalah
Buku modul































1.2 Menyebutkan fungsi busana



Pengetahuan:
- Mengetahui jenis-jenis busana
- Mengetahui fungsi busana berdasarkan keperluan pemakaian
-Mengidentifikasi jenis-jenis busana



Keterampilan :
-Mampu menyebutkan fungsi busana
-Mampu menyebutkan jenis- busana
-Mampu mengidentifikasi jenis-jenis busana


- Fungsi-fungsi busana
- Jenis busana
-Macam-macam busana

- Siswa mempelajari modul
- Guru menjelaskan tentang
* Fungsi busana
* Jenis-jenis busana
- Siswa berdiskusi tentang fungsi dan jenis busana      

- Tes tulis
- tugas kliping

3


- Modul
- Media cetak (majala,koran dan tabloit)

11.3 Pengelompokan busana dan pemeliharaan busana


Pengetahuan:
- Menjelaskan pengertian   pengelompokan busana
- Menjelaskan tujuan pengelompokan busana
- Mengidentifikasi jenis-jenis busana

Sikap :
- Mengaplikasikan berbusana sesuai dengan situasi
- Menghargai budaya yang berbeda
- Bertanggung jawab atas apa yang dipakai

Keterampilan:
- Mampu memilih busana sesuai dengan kondisi dimana dia tinggal
-Mampu memilih busana sesuai dengan waktu dan kesempatan

- Busana luar
-Busana dalam
-Memelihara busana
- Membaca modul
- Mendiskusikan tentang pengelompokan busana dan cara memeliharanya

-  Mengaplikasikan dalam bentuk tanya jawab
- Tes tulis
- Tugas
-  kelompok tanya jawab
3


- Lingkungan
- Modul










SILABUS

Nama sekolah              : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran             : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester          : VII / 1
Standar Kompetensi   : Pemanfaatan kain perca
Alokasi waktu             : 20 jam @ 40 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1.Mengidentifikasi bahan-bahan kain perca













Pengetahuan :
- Menjelaskan pengertian kain perca
- Mengetahui tujuan pemanfaatan kain perca
- Mengetahui cara memanfaatkan kkain perca
- Menjelaskan prosedur pemanfaatan kain perca
- Mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kain perca
Sikap :
- Memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan dengan memanfaatkan sisa kain
- Teliti dalam melakukan / melaksanakan pekerjaan
Keterampilan:
- Menerapkan prosedur bekerja sesuai dengan tahapan
- Identifikasi  kain perca
- Macam- macam kain perca
- manfaat kain perca
- Cara memanfaatkan kain perca


























- Menjelaskan tentang pengertian kain perca
- Meresum tentang  manfaat kain perca


























-Tes tulis
- tes lisan




























3

























































































Buku modul






























1.2 Mengikuti prosedur cara membuat tas berbahan dasar kain perca




Pengetahuan :
- Mengetahui jenis-jenis kain perca
- Mengerti cara membuat tas dari kain perca
Keterampilan :
- Menerapkan cara memanfaatkan kain perca sesuai dengan kebutuhan membuas tas




- Cara memanfaatkan kain perca
- Pola tas dari kain perca









- Menjelaskan tentang  bahan pendukung













- Tes tulis
-praktek












3










































Buku modul











1.3.Menerapkan cara memanfaatkan kain perca

Pengetahuan :
- Mengetahui cara membuat tas

Sikap :
- Memiliki kesadaran akan manfaat kain perca
- Apresiatif terhadap manfaat kain perca

Keterampilan :
- Memiliki kemampuan membuat tas berbahan dasar kain perca
- Menerapkan prinsip-prinsip pemanfaatan kain perca

-Tahapan pembuatan tas dari kain perca.
-Memghias tas dari kain perca

- Menjelaskan tentang  :
-Cara membuat tas
-Model-model tas
- Mengerjakan tugas (soal)
- Membahas Tugas



- Tes tulis
- Praktek








4















Buku modul
Lingkungan















Menetahui                                                                                  Jombang;   Juli  2013
Kepala Madrasah                                                                        Guru Mata Pelajaran



MOH. SYAIKHU, S. Pd                                                            Zainal Arifin, S.Pd.i












SILABUS

Nama Madrasah          : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran             : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester          : VII / 2
Standar Kompetensi   : Membuat busana anak
Alokasi waktu             : 20 Jam @ 40 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1  Mengelompokkan macam-macam busana anak












Pengetahuan :
- Mengetahui macam-macam busana anak
- Mengetahui jenis-jenis bahan yang akan dibuat
- Memahami model dari busana anak
- Memahami pentingnya jenis-jenis bahan yang akan dibuat
Sikap :
- Cermat dan teliti dalam memilih bahan busana anak
- Jenis bahan yang akan dibuat
- Memilih macam-macam model busana anak
Keterampilan:
-  Mengelompokkan macam-macam busana anak
- Memahami model dari macam-macam busana anak 
- Mengetahui macam-macam busana berdasarkan usia

- Macam-macam busana anak
- Bahan yang akan dibuat
- Menentukan model dari busana anak
- Umur
* 5 th
* 6 th
* 7 th
* 8 th
* 9 th
* 10 th
* 11 th
* 12 th















- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan macam-macam busana anak
- Guru menjelaskan macam-macam busana anak berdasarkan umur
- Siswa membuat macam-macam model busana anak 



















- Tes tulis
- Tes lisan
- Praktek
- Pengamat
an
























2






























- Modul





























1.2  Memotong bahan














Pengetahuan :
- Mengetahui cara meletakkan bahan dengan baik dan benar
- Mengetahui teknik memotong secara benar
- Menjelaskan cara memotong bahan
- Menjelaskan tujuan meletakkan bahan sesuai arah serat kain
Sikap :
- Memiliki sikap kewaspadaan dan ketelitian dalam memotong bahan
- Memperhatikan arah serat bahan
Keterampilan :
- Dapat memotong bahan dengan baik dan cermat
- Melakukan pengecekan bahan



- Cara-cara memotong bahan
- Menyiapkan bahan-bahan atau alat-alat potong
- Memperhatikan arah serat kain  yang akan dipotong



















- Observasi/ pengamatan
 - Tes tulis
- Praktek cara memotong bahan





















- Hasil praktek


























2


























- Modul























1.3  Menjahit busana anak














Pengetahuan :
- Mengetahui cara dan langkah-langkah menjahit busana anak
- Mengetahui jenis bahan
- Menjelaskan tujuan menjahit dengan benar
- Menjelaskan teknik menjahit busana anak
Sikap :
- Ketelatenan dalam menjahit busana
- Memperhatikan sikap tubuh dalam menjahit busana anak
- Kerapihan hasil dari jahitan busana anak
- Kebersihan hasil jahitan
Keterampilan :
- Menjahit dengan baik
- menerapkan keselamatan dalam menjahit busana anak
- Menyelesaikan jahitan dengan rapi





- Alat-alat menjahit busana anak seperti :
* Benang
* Jarum
* mesin
* Gunting
- Menyiapkan alat menjahit busana anak
- Mengecek dari hasil jahitan

















- Guru menjelaskan langkah-langkah menjahit busana anak
- Siswa mempraktekkan cara menjahit busana anak
- Siswa menerapkan tata urutan cara menjahit busana anak


















- Observasi / pengamatan
- Praktek cara menjahit busana anak
- Hasil jahitan busana anak





















2





























- Modul
- Alat-alat jahit

























1.4 Menyelesaikan busana anak dengan jahitan tangan




















Pengetahuan :
- Menyiapkan alat jahit tangan dengan cermat dan tertib
- Teliti dalam menjahit busana dengan jahitan tangan
- Memahami  cara penggunaan alat menjahit tangan
- memahami teknik menjahit busana anak dengan tangan
Sikap :
- Memiliki sikap kerja dalam menyelesaikan busana anak dengan jahitan tangan
- Teliti dan hati-hati dalam menyelesaikan busana anak dengan jahitan tangan
- kerapihan hasil dari busana anak dengan jahitan tangan
Keterampilan :
- Mengetahui cara menjahit busana anak dengan jahitan tangan
- Menyelesaikan dengan baik busana anak dengan jahitan tangan
- Memperbaiki hasil dari busana anak dengan jahitan tangan






- Kesehatan dan keselamatan dalam bekerja dengan jahitan tangan
- Alat-alat jahitan tangan
- Busana anak yang akan di jahit tangan































- Guru menjelaskan cara menjahit busana anak dengan jahitan tangan
- Guru menjelaskan peralatan dan perlengkapan alat jahit tangan
- Siswa mempraktekkan cara menjahit busana anak dengan jahitan tangan




























- Observasi/ pengamatan
- Praktek





































2









































- Modul
- Alat jahit tangan




































1.5 Menghitung harga jual














Pengetahuan :
- Memahami cara menghitung harga jual
- Memahami cara merancang bahan
- Memahami cara menghitung habisnya bahan yang digunakan
- Menjelaskan tujuan merancang harga jual
Sikap :
- Cermat dan teliti dalam menghitung harga jual
- Cermat dan teliti dalam mengecek hasil penghitungan harga jual
Keterampilan :
- Melaksanakan penghitungan harga jual dengan benar
- Melakukan pengecekan menghitung harga jual








- Cara menghitung harga jual
- Tujuan menghitung harga jual
- Menentukan harga jual
- Menentukan habisnya bahan


















- Guru menjelaskan cara menghitung harga jual
- Siswa mempraktekkan cara menghitung harga jual
- Siswa membaca modul





















- Tes tulis
- Praktek menghitung harga jual
























2





























- Modul
































SILABUS

Nama Madrasah          : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran             : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester          : VII / 2
Standar Kompetensi   : Membuat busana bayi
Alokasi waktu             : 20 Jam @ 40 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1   Mengelompokkan macam-macam busana bayi














Pengetahuan :
- Mengetahui umur bayi dari umur 0 s/d 1th
- mengetahui jenis bahan untuk membuat busana bayi
- Mengetahui macam-macam busana bayi menurut umur

Sikap :
- Mengetahui macam-macam busana bayi
- Memperhatikan kenyamanan busana bayi

Keterampilan :
- Memberikan hiasan busana pada busana bayi sesuai usia

-Dapat memilih bahan yang sesuai untuk busana bayi

- Dapat menentukan model busana bayi yang sesuai dan nyaman dipakai
- Cara menghitung harga jual
- Tujuan menghitung harga jual
- Menentukan harga jual
- Menentukan habisnya bahan 


























- Guru menjelaskan cara menghitung harga jual
- Siswa membaca modul
- Siswa mempraktekkan cara menghitung harga jual























- Tes tulis
- Praktek meng
hitung harga jual





























2


































- Modul
































1.2 Memotong bahan














Pengetahuan :
- Mengetahui teknik atau cara memotong bahan
- mengetahui cara meletakkan bahan /busana bayi
- Memperhatikan arah serat bahan
Sikap :
- Hati-hati pada waktu memotong busana bayi
- Cermat dan teliti dalam menggunakan alat potong
Keterampilan :
- Melaksanakan memotong bahan dengan baik dan benar
- Menerapkan keselamatan pada saat memotong bahan


- Bahan-bahan yang akan dipotong
- Alat-alat potong
- Pengecekan hasil memotong bahan atau busana bayi


















- Guru menjelaskan cara memotong bahan dengan baik
- Siswa mempraktekkan cara memotong bahan busana bayi
- Guru menjelaskan bagaimana bekerja/memotong bahan dengan menjaga keselamatan kerja












- Observasi atau pengamatan
- Praktek
- hasil praktek




















2
























- Modul























1.3 Menjahit busana bayi
















 Pengetahuan :
- Mengetahui teknik menjahit busana bayi
- Menjahit busana bayi dengan memperhatikan kenyamanan pada saat dipakai
- Mengetahui tujuan menjahit busana bayi dengan baik dan benar
- Ketelitian dalam menjahit busana bayi

Sikap :
- Teliti dan hati-hati pada saat menjahit busana bayi
- Menjahit busana bayi sesuai dengan langkah kerja
- Kerapihan dalam menjahit busana bayi
Keterampilan :
- Menerapkan prinsip K3
- Melaksanakan pengecekan pada saat menjahit busana bayi


 Alat-alat jahit
- Mesin jahit
- Cara-cara menjahit busana bayi
- Bahan busana bayi



























- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan cara menjahit busana bayi dengan rapi
- Siswa mempraktekkan cara menjahit busana bayi
























- Oservasi atau pengamatan
- Hasil praktek menjahit busana bayi

























2
































- modul





























1.4  Menyelesaikan busana bayi dengan jahitan tangan





















Pengetahuan :
- Mengetahui cara menyelesaikan busana bayi dengan jahitan tangan
- mengetahui tujuan menjahit busana bayi dengan jahitan tangan
- memahami cara penggunaan alat dengan jahitan tangan
- Menjahit busana bayi dengan rapi
Sikap :
- Cermat dan teliti pada saat menjahit dengan jahitan tangan
- Dapat menjahit busana bayi dengan rapi
- Menyelesaikan menjahit tangan dengan memperhatikan kenyamanan dari bayi / busana bayi
Keterampilan :
- Menyiapkan alat jahit tangan
- merapikan hasil menjahit tangan
- menggunakan alat jahit tangan sesuai dengan fungsinya


-Alat-alat jahit tangan
- Busana bayi
- perlengkapan busana bayi

































- Guru menjelaskan cara menyelesaikan busana bayi dengan jahitan tangan
- Siswa mempraktekkan cara menyelesaikan busana bayi dengan jahitan tangan




























-Tes tulis
- praktek menghitung harga jual

































2



































- Modul 


































1.5  Melakukan pengepresan

















Pengetahuan :
- Mengetahui alat-alat pengepresan
- mengetahui tujuan melakukan pengepresan
- mengetahui kegunaan pengepresan pada busana bayi






Sikap :
- Cermat dan teliti pada waktu melakukan pengepresan pada busana bayi
- Hati-hati dalam melakukan pengepresan
- Memiliki cara melakukan pengepresan pada busana bayi












Keterampilan :
- Melakukan pengepresan pada busana bayi dengan baik
- Mengutamakan keselamatan pada saat melakukan pengepresan pada busana bayi
- merapikan hasil pengepresan pada busana bayi
 






- Cara-cara melakukan pengepresan
- Tujuan melakukan pengepresan pada            busana bayi
- Bahan /busana bayi
- Mengecek dari hasil melakukan pengepresan pada busana bayi






































-





- Guru menjelaskan cara melakukan pengepresan pada busana bayi
- Siswa menanyakan tentang cara melakukan pengepresan pada busana bayi 
- Siswa mempraktekkan cara melakukan pengepresan busana bayi dengan baik dan benar



























-













- tes tulis
- Pengamatan
- Hasil praktek
























-

2





- Modul
-Alat-alat pengepresan


























































Menetahui                                                                                  Jombang;   Juli  2013
Kepala Madrasah                                                                        Guru Mata Pelajaran



MOH. SYAIKHU, S. Pd                                                            Zainal Arifin, S.Pd.i


                     








SILABUS



Nama Madrasah          : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran             : Keterampilan Menjahit        
Kelas / semester          : VIII / 1
Standar Kompetensi   : Pemeliharaan bahan tekstil dan mengidentifikasi jenis bahan
Alokasi waktu             : 20 jam @ 40 menit




KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1.Memeriksa  kualitas 
      bahan utama











Pengetahuan :
- Peserta didik dapat mengetahui bahan utama yang berkualitas

Sikap :
- Teliti dan cermat dalam memeriksa mutu bahan utama dan
- Mampu memilih bahan utama sesuai dengan desain
Keterampilan :
- Teliti dalam memeriksa kualitas bahan utama
- Peserta didik dapat memilih bahan utama sesuai dengan desain


- Macam-macam bahan utama yang berkualitas
- Penelitian bahan utama(tekstil) berdasarkan jenis kain dan asal serat
- Pemilihan bahan utama sesuai dengan desain
















- Siswa mempelajari modul
- Guru menjelaskan tentang macam-macam bahan yang berkualitas
- Guru menjelaskan tentang penelitian bahan berdasarkan asal serat
- Siswa praktek uji coba serat bahan tekstil
- Guru menjelaskan tentang pemilihan bahan utama yang sesuai dengan desain
- Tanya jawab








- Tes tulis
- Laporan hasil penelitian asal serat bahan utama
- Kliping macam-macam bahan utama yang sesuai dengan desain
- Hasil praktek pembuatan busana










4
























Modul






















1.2. Memeriksa kualitas bahan pelengkap













Pengetahuan :
- Peserta didik dapat mengetahui macam-macam bahan pelengkap
- Peserta didik dapat memahami cara memeriksa bahan  pelapis
Sikap :
- Dapat memilih bahan pelapis sesuai dengan jenis busana
Keterampilan :
- Teliti dan tepat dalam pemilihan bahan pelapis busana
- Dapat menyesuaikan bahan pelapis sesuai dengan jenis busana



- Macam-macam bahan pelengkap
- Jenis-jenis bahan pelapis
- Pemilihan bahan pelapis sesuai dengan busana yang akan di praktekkan














-Guru menjelaskan macam-macam bahan pelengkap,dan macam-macam merk bahan pelengkap
- Cara memeriksa kualitas bahan pelengkap















-Kliping macam-macam bahan pelengkap
- Tes tulis
- pengamatan dari hasil praktek (Dalam hal pemilihan bahan pelengkap)















4











































1.3. Memelihara bahan tekstil
Pengetahuan
- Peserta didik dapat mengetahui cara memelihara bahan tekstil
Sikap
- Teliti dalam memelihara bahan tekstil
Keterampilan
- Dapat memelihara bahan tektil baik dengan manual maupun dengan mesin cuci
- Pemeliharaan bahan tekstil
-          Jenis- jenis serat
-          Sifat bahan tekstil
-          Mencuci secara manual.
-          Mencuci dengan mesin cuci.


- Siswa melaksanakan pemeliharaan busana
- Praktek memelihara busana










- Hasil pemeliharaan busana
- Kerapihan busana
















2



- Busana hasil praktek pemeliharaan






































SILABUS



Nama Madrasau          : MTs Al-Hidayakh Ketrampilan
Mata pelajaran             :Keterampilan Menjahit         
Kelas / semester          :VIII / 1
Standar Kompetensi   : Menggambar busana
Alokasi waktu            : 20 jam @ 40 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1  Memahami bentuk bagian-bagian busana






Pengetahuan :
- Mengetahui tentang bentuk bagian-bagian busana

Sikap :
- Rensponsip dan teliti dalam menggambar bagian-bagian busana

Keterampilan:
- Menggambar bentuk bagian-bagian busana


- Pengetahuan dasar-dasar desain meliputi :
* Unsur dan prinsip desain
* Bagian-bagian busana











- Guru menjelaskan tentang bentuk bagian-bagian busana












- Tes tulis
- Kliping macam-macam bentuk bagian busana










4
















Buku modul















1.2  Mendiskripsikan bentuk proporsi dan anatomi beberapa tipe tubuh manusia








Pengetahuan :
- Mengetahui tentang membuat proporsi tubuh manusia

Sikap :
- Cermat dan teliti dalam membuat desain sesuai prosporsi tubuh manusia

Keterampilan:
- Dapat membuat proporsi tibuh manusia




-          Alat dan Bahan untuk Mendesain

-          Ukuran proporsi tubuh manusia, bentuk tubuh manusia
















- Siswa menggambar / membuat proporsi tubuh manusia sesuai dengan standar ukuran















- Hasil praktek menggambar proporsi tubuh manusia

















4



















Buku modul














1.3  Penyelesaian pembuatan
gambar

Pengetahuan :
- Mengetahui dasar-dasar teknik megggambar

Sikap :
- Cermat, teliti, dan rapih dalam menggambar

Keterampilan :
- Menyelesaikan gambar busana dengan pinsil, spidol,drawing pen

-          Menggambar bagian- bagian busana.
-          Pewarnaan dan penyelesaian gambar

- Praktek menggambar busana pada proporsi tubuh manusia dengan berbagai macam teknik (teknik basah, kering)










- Hasil praktek menggambar busana

2



Buku modul










Menetahui                                                                                  Jombang;   Juli  2013
Kepala Madrasah                                                                        Guru Mata Pelajaran



MOH. SYAIKHU, S. Pd                                                            Zainal Arifin, S.Pd.i














SILABUS

NamaMadrasah           : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran             : Keterampilan Menjaht
Kelas / semester          : VIII / 2
Standar Kompetensi   : Membuat busana wanita
Alokasi waktu              : 20 Jam @ 40 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1. Mengelompokkan macam-macam busana wanita







Pengetahuan :
- Menjelaskan tentang pengelompokkan macam-macam busana wanita

Sikap :
- Dapat mengelompokkan macam-macam busana wanita

Keterampilan :
- Pengelompokan macam-macam busana wanita sesuai dengan kesempatan


- Macam-macam busana wanita sesuai dengan kesempatan
















- Siswa membaca modul tentang macam-macam busana wanita
- Guru menjelaskan tentang pengelompokkan macam-macam busana wanita
- Siswa mengelompokkan macam-macam busana wanita








-Tes tulis
- Tes lisan
- Membuat kliping macam-macam busana wanita












3




















Buku modul



















1.2  Memotong bahan


















Pengetahuan :
- Dapat menyiapkan bahan :
·         Kualitas dan kuantitas
·         Cacat bahan
·              Penyusut bahan :
-    Dengan steam
-    Di rendam
-    Disemprot
-    Disetrika
- Menjelaskan cara meletakkan pola diatas bahan
- menjelaskan teknik memotong
Sikap :
- Cermat mempersiapkan bahan menjadi bahan siap potong
-Teliti dan kreatif dalam merancang peletakan pola diatas bahan
- Memotong dengan memperhatikan K3
Keterampilan :
- Menyiapkan bahan siap potong
- Menata pola diatas bahan
- Memotong sesuai K3



- Persiapan bahan untuk di potong
- Meletakkan pola di atas bahan
- Teknik memotong
- Memindahkan tanda pola































- Siswa praktek meletakkan pola di atas bahan
- Guru menjelaskan teknik memotong bahan dengan benar
- Siswa mempraktekkan memotong bahan dengan teknik yang benar




























- Tes tulis
- Praktek memotong bahan
- Hasil praktek
memotong bahan




























2







































Buku modul




































1.3  Menjahit busana wanita










Pengetahuan :
- Menjelaskan cara menjahit busana wanita sesuai tertib  kerja

Sikap :
- Teliti dalam menjahit busana wanita

Keterampilan :
- Menjahit busana wanita sesuai tertib kerja



- Cara menjahit busana wanita sesuai tertib kerja
















- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan tentang tertib kerja menjahit busana wanita
- Siswa praktek menjahit busana wanita













- Tes tulis
- Praktek menjahit busana wanita 














3


















Buku modul
















1.4  Menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan









Pengetahuan :
- Menjelaskan cara menyelesaikan  busana wanita dengan jahitan tangan
Sikap :
- Teliti dalam menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan 
Keterampilan :
- Menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan sesuai tertib kerja


-Cara menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan














- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan tentang cara menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan
- Siswa praktek menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan








- Tes tulis
- Praktek menyelesaikan busana wanita dengan jahitan tangan











2


















Buku modul























SILABUS



Nama Madrasah          : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran             : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester          : VIII / 2
Standar Kompetensi   : Membuat busana pria
Alokasi waktu             : 20 Jam @ 40 menit

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1   Mengelompokkan macam-macam busana pria

















Pengetahuan :
- Mengetahui  macam-macam busana pria
- Mengetahui ciri-ciri desain busana pria
- Mengetahui cara mengukur dan membuat pola busana pria (kemeja,celana vest,jas)

Sikap :
- Terampil dalam membuat desain busana pria
- Teliti dalam mengukur dan membuat pola busana pria

Keterampilan :
- Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam busana pria
- Peserta didik dapat kreatif membuat desain busana pria
- Peserta didik dapat mengukur untuk membuat pola busana pria(kemeja, celana,vest, jas) dengan teliti

- Macam-macam busana pria
- Ciri desain busana pria
- Membuat desain busana pria
- Macam-macam ukuran standart busana pria
- Teknik mengukur untuk membuat pola busana pria (kemeja,celana, vest,jas)



























- Guru menjelaskan macam busana pria, ciri desain busana pria
- Tanya jawab
- Guru menjelaskan macam-macam ukuran dalam pembuatan busana pria
- Guru menjelaskan cara mengukur dalam pembuatan busana pria (kemeja, celana, vest,jas)
- Siswa membuat desain busana pria (kemeja, celana, vest, jas)
- Siswa mendemonstrasikan mengukur untuk busana pria


- Siswa membuat pola busana pria ( kemeja, celana, vest, jas) sesuai dengan ukuran dan desain yang telah dibuat











- Tes lisan
- Tes tulis
- Pengamatan /observasi
- Hasil praktek desain busana pria
- Hasil pola busana pria



























2





































Buku panduan pembuatan busana pria MH Wancik































1.2 Memotong bahan


















Pengetahuan :
- Mengetahui macam-macam alat potong
- Mengetahui teknik peletakan pola di atas bahan
- Mengetahui teknik memotong
- Mengetahui cara  memberi tanda pola pada bahan
Sikap :
 - Peserta didik terampil dan teliti dalam memotong  bahan dan memberi tanda pola

Keterampilan :
- Dapat menggunakan macam-macam alat memotong
- Peserta didik terampil dan teliti dalam pembuatan rancangan bahan dan peletakan poladi atas bahan
- peserta didik teliti dalam pemberian tanda pola




- Macam-macam alat memotong
- Membuat rancangan bahan
- Teknik memotong bahan
- Macam-macam tanda pola
- Teknik memberi tanda pola pada pembuatan busana pria



























- Menjelaskan dan menunjukkan macam-macam alat memotong  dan alat tanda pola
- Macam-macam tanda pola
- Siswa menyimak
- Tanya jawab
- Guru menjelaskan teknik memotong dan memberi tanda pola
























- Tes tulis
- Pengamatan
- Hasil praktek memotong dan memberi tanda pola





























2



































Buku panduan pembuatan busana pria































1.3 Menjahit busana pria

















Pengetahuan :
- Mempersiapkan alat dan tempat menjahit
- Menjahit busana pria
* Menjahit kemeja pria
* Menjahit celana pria
* Menjahit vest pria
* Menjahit jas pria
Sikap :
- Peserta didik dapat membuat busana pria dengan baik dan teliti
Keterampilan :
- Peserta didik teliti dalam mempersiapkan alat dan tempat menjahit sesuai dengan standart prosedur K3
- Peserta didik dapat menjahit busana pria(kemeja, celana, vest, jas)









- Penerapan prosedur K3       dalam menjahit busana pria
- Membuat fragmen kerah kemeja dan kerah jas
- membuat fragmen macam- macam saku (saku tempel, saku vest, saku klep, saku passepoille, saku sisi)
- Membuat fragmen belahan manset, gulbi celana
- Menjahit kemeja pria sesuai dengan desain
- Menjahit vest
- Menjahit celana pria 




















- Siswa mempersiapkan alat dan tempat yang sesuai dengan standart dan prosedur K3
- Siswa menjahit macam-macam fragmen (kerah kemeja,kerah jas, saku tempel, saku sisi, belahan manset, gulbi)
- Siswa menjahit kemeja
- Siswa menjahit celana pria
- Siswa menjahit vest
- Siswa menjahit jas pria




















- Pengamatan/ observasi tentang kelengkapan alat menjahit
- hasil praktek macam-macam fragmen
- Hasil praktek kemeja, vest, jas dan celana























4



































Modul
































1.4 Penyelesaian busana pria dengan jahitan tangan










Pengetahuan :
- Peserta didik dapat mengetahui macam-macam penyelesaian  busana pria
Sikap :
- Teliti dan tepat dalam pemilihan macam-macam penyelesaian  busana pria dengan jahitan tangan
Keterampilan :
- Peserta didik teliti dalam menyelesaikan busana pria



-Macam-macam penyelesaian busana pria dengan jahitan tangan (penye lesaian kelim, pemasangan kancing, pembuatan lubang kancing, pemasangan hak celana














-Peserta didik mempraktekkan macamacam penyelesaian busana pria dengan jahitan tangan ( penyelesaian kelim, pemasangan kancing, hak celana, pembuatan lubang kancing)











- Hasil praktek



















2





















- Modul
- Buku panduan  MH Wancik
Pembuatan busana pria


















Menetahui                                                                                  Jombang;   Juli  2013
Kepala Madrasah                                                                        Guru Mata Pelajaran



MOH. SYAIKHU, S. Pd                                                            Zainal Arifin, S.Pd.i






SILABUS



Nama Madrasah          : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran             : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester          : IX / 1
Standar Kompetensi   : Pecah pola busana sesuai desain
Alokasi waktu             : 20 Jam @ 40 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1 Menjelaskan konsep dasar pecah pola busana wanita









Pengetahuan:
- Menjelaskan konsep dasar pecah pola busana wanita
-Menjelaskan  maca- bentuk tubuh
Sikap :
- Cermat dalam memilih pecah pola
-Teliti dalam memperhatikan desin
 Keterampilan :
- Mengidentifikasi gambar desain
- Menentukan desain pola yang sesuai
- Konsep dasar pecah pola busana wanita
- Desain Pakaian atas dan bawah



















- Menjelaskan dasar pecah pola busana wanita
- Membuat Desain Pakaian atas dan bawah






- Tes tulis
- Kliping





















3























 Modul






















1.2 Menjelaskan Pecah pola rok sesuai desain













Pengetahuan :
- Menjelaskan pecah pola rok
-Mengetahui macam macam desain rok

Sikap :
-Teliti dalam membuat pecah pola rok sesuai desain

Keterampilan :
- Terampildalam membuat pecah pola rok sesuai desain


-Pecah pola rok sesuai desain
-Macam macam desain rok






















- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan Pengertian Pecah pola rok sesuai desain
- Guru menjelaskan Macam macam desain rok

 


















- Tes tulis
- Kliping
























4



























- Modul
- buku



















1.3 Menjelaskan Pecah pola blus sesuai desain











Pengetahuan :
- Menjelaskan pecah pola blus
-Mengetahui macam macam desain blus

Sikap :
-Teliti dalam membuat pecah pola blus sesuai desain

Keterampilan :
-Terampil dalam membuat pecah pola blus sesuai desain



-Pecah pola blus sesuai desain
-Macam macam desain blus










- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan Pengertian Pecah pola rok sesuai desain
- Guru menjelaskan Macam macam desain rok











- Tes tulis
- Kliping












3





- Modul
- Majalah (media cetak)




















SILABUS



NamaMadrasah           : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran             : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester          : IX / 1
Standar Kompetensi   : Melaksanakan Persiapan Menjahit
Alokasi waktu             : 20 Jam @ 40 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1.  Menyiapkan tempat kerja










Pengetahuan :
- Mengetahui jenis-jenis alat yang disiapkan sebelum bekerja
- Dapat  mengatur tempat kerja
-Mengetahui manfaat dari penerapan tempat kerja


Sikap :

- Teliti dan cermat dalam mengatur tempat kerja

- Menyiapkan tempat kerja
-Manfaat dari penerapan tempat kerja





















- Guru menjelaskan hal-hal yang perlu disiapkan seblum bekerja
- Siswa mempersiapkan alat jahit dan alat bantu jahit
- Guru menjelaskan tentang manfaat dari penerapan tempat kerja



















- Kelengkapan alat jahit dan alat bantu jahit
- Tes tulis





















3

































Buku panduan





















1.2. Mengidentifikasi dan menyiapkan bahan bahan













Pengetahuan ;
- Mengetahui cara memilih bahan
- Mengetahui cara memeriksa bahan
Sikap :
- Dapat  memilih bahan
Keterampilan :
-Tepat dalam memeriksa bahan
- Teliti dalam memeriksa bahan



- Menyiapkan dahan
  • memilih bahan
  • memeriksa bahan




















- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan cara memilih bahan
- Guru menjelaskan tentang cara memeriksa bahan




















- Tes tulis
- Tes lisan
- Praktek




















3



- Modul



























1.3. Meletakkan pola pada bahan







Pengetahuan :
- Mengetahui cara membuat rancangan bahan
- Menjelaskan cara meletakkan bahan
Sikap :
- Memelihara rancangan bahan
Keterampilan :
- Merawat rancangan bahan secara rutin dan berkala



- Meletakkan pola diatas bahan
  • Rancangan bahan
  • Tujuan membuat rancangan bahan











- Guru menjelaskan cara meletakkan bahan
- Guru menjelaskan t ujuan membuat rancangan bahan











- Tes tulis
- Praktek memperbaiki kerusakan kecil pada mesin




4




Buku modul




















Menetahui                                                                                  Jombang;   Juli  2013
Kepala Madrasah                                                                        Guru Mata Pelajaran



MOH. SYAIKHU, S. Pd                                                            Zainal Arifin, S.Pd.i










SILABUS



NamaMadrasah           : MTs Al-Hidayah Ketrampilan
Mata pelajaran             : Keterampilan Menjahit
Kelas / semester          : IX / 2
Standar Kompetensi   :Menjahit dan penyelesaian
Alokasi waktu             : 20 Jam @ 40 menit


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.2.  Memotong bahan sesuai dengan pola









Pengetahuan :
- Mengetahui cara memotong bahan
- Dapat  memotong bahan
-Mengetahui cara mengemas pola

Sikap :

- Teliti dan cermat dalam memotong dan mengemas pola
- Memotong bahan
-Mengemas pola






















- Guru menjelaskan cara memotong bahan
- Guru menjelaskan tentang cara mengemas pola


















- Kelengkapan alat jahit dan alat bantu jahit
- Tes tulis





















3

































Buku panduan





















1.2. Memindah Tanda-tanda Pola













Pengetahuan ;
- Mengetahui cara memindah tanda-tanda pola
- Mengetahui  tanda-tanda pola yang harus dipindah
Sikap :
- Dapat  memindah pola
Keterampilan :
-Tepat dalam memindah tanda-tanda pola



- Menyiapkan dan memindah tanda-tanda pola



















- Siswa membaca modul
- Guru menjelaskan cara memindah tanda-tanda pola



















- Tes tulis
- Praktek




















3



- Modul



























1.3. Menjahit bahan







Pengetahuan :
- Mengetahui cara membuat rancangan bahan
- Menjelaskan cara meletakkan bahan
Sikap :
- Memelihara rancangan bahan
Keterampilan :
- Merawat rancangan bahan secara rutin dan berkala



- Menjahit bahan
  • Langkah menjahit bahan
  • Alat menjahit
  • Alat jahit dan penggunaannya











- Guru menjelaskan cara Menjahit bahan
- Guru menjelaskan langkah-langkah menjahit bahan











- Tes tulis
- Praktek




4




Buku modul




















Menetahui                                                                                  Jombang;   Juli  2013
Kepala Madrasah                                                                        Guru Mata Pelajaran



MOH. SYAIKHU, S. Pd                                                            Zainal Arifin, S.Pd.i






2 komentar:

  1. BAGUS BISA MEMBANTU KAMI YANG MASIH AWAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN NON FORMAL

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum....
    Yang terhormat Pendidikan Insan Mulia, silabus ini sangat membantu sekali. mohon ijin untuk kami pergunakan sebagai acuan atau dasar pembuatan silabus kami ya....
    terimakasih

    BalasHapus