Sabtu, 30 November 2013

RPP Keterampilan menjahit Kls.VII Pertemuan ke-4 sd 6



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Madrasah                          : MTs  Al-Hidayah Ketrampilan
Mata Pembelajaran                     : Keterampilan Mmenjahit
 Kelas / Semester                         : VII / 1
Alokasi Waktu                             : 4 X  40 menit
Pertemuan Ke                              : 4-6
Standar Kompetensi                    : Mengetahui pengertian dan  asal-usul  busana
 Kompetensi Dasar                       : Menjelaskan pengertian busana.
 KKM                                              : 7  

                                             
Indikator :
1.  Menjelaskan jenis-jenis busana
2.  Mengetahui fungsi busana berdasarkan keperluan pemakaian.
3.    Mengidentifikasi jenis-jenis busana.
I.    Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan  4 - 6
1.  Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis busana
2.  Siswa  dapat mngetahui fungsi busana berdasarkan keperluan pemakaian.
3.  Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis busana
II.      Materi Ajar
1.    Fungsi busana
2.    Jenis-jenis busana.
3.    Macam-macam busana.
III.     Metode Pengajaran :
1.    Menjelaskan fungsi busana
2.    Ceramah, diskusi
3.    Pemberian tugas/tugas mandiri
IV.    Langkah Pengajaran :
Nilai Budaya karakter Bangsa ( Kerja keras, mandir, Peduli Lingkungan, Tanggung Jawb )

Pertemuan ke-4
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 10 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu  persatu kesiapan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
4.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu
B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 25 menit)
1.    Menggali pengetahuan peserta didik Kembali tentang  pengertian busana.
2.    Mengecek kesiapan siswa untuk melaksanakan tugas.
3.    Membimbing dan mengarahkan peserta didik pada pemahaman yang benar tentang pengertian dan asal-usul busana
4.    Mengarahkan peserta didik untuk memproses setiap langkah pemahaman
5.    Memberikan penguatan /masukan dari kerja siswa.
6.    Membimbing peserta didik merumuskan kesimpula
C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 10 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan dirumah.

Pertemuan ke-5
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 10 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu
B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 25 menit)
1.    Menggali pengetahuan peserta didik Kembali tentang  pengertian busana.
2.    Memberikan penguatan /masukan dari kerja siswa.
3.    Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 10 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan dirumah

Pertemuan ke-6
A.   Kegietan Awal : (Tahap Situasional = 10 menit)
1.    Mengabsen peserta didik
2.    Mengkondisikan peserta didik
3.    Memeriksa satu persatu tugas sebelum tatap muka/tugas terstruktur peserta didik.
4.    Membimbing peserta didik yang belum memahami tugas, perindividu
B.   Kegiatan Inti : (Tahap Explorasi = 30 menit, Tahap Elaborasi dan Tahap Konfirmasi = 25 menit)
1.    Menggali pengetahuan peserta didik Kembali tentang .
2.    Memberikan penguatan /masukan dari kerja siswa.
3.    Membimbing peserta didik merumuskan kesimpulan
C.   Kegietan Akhir : (Evaluasi = 10 menit, Tugas = 5 menit)
1.    Melakukan penilaian terhadap hasil kerja siswa.
2.    Menugaskan peserta didik melanjutkan pekerjaan dirumah
V.      Alat dan Sumber Belajar :
1.    Media papan tulis, contoh-contoh pakaian
2.    Buku Penuntun Membuat Pola Busana Anak oleh Soekarno
3.    Bina Busana Pelajaran Menjahit Busana Wanita oleh M.H. Wancik
4.    Pelajaran Menjahit Busana Pria Oleh Soekarno
            
VI.    Penilaian :
1.    Teknik Penilaian      : Tes Tertulis
2.     Bentuk Instrumen   : Uraian/Pilihan ganda/Lembar Observasi

Jawablah pertanyaan ini dengan benar
1.  Apakah fungsi awal busana itu?
2 . Fungsi busana dapat ditinjua dari berapa aspek ?, sebutkan !
3.  Dilihat dari aspek biologis fungsi busana itu apa saja!
4.  Dilihat dari aspek psikologis fungsi busana itu apa saja!
5 . Norma apa sajakah yang mengatur pola pola perilaku masyarkat ?
6.  Sebutkan fungsi busana dilihat  dari aspek sosial !
7.  Apakah fungsi busana National itu ?
8.  Busana apakah yang dipakai untuk menghadiri pengajian ?
9.  Tujuan utama orong islam berpakaian adalah ?
10. Busana apakah yang paling kamu sukai ?

Alternatif jawaban
  1. Pada awalnya busana berfungsi hanya untuk melindungi tubuh baik dari sinar matahari, cuaca ataupun dari gigitan serangga.
  2. Fungsi busana dapat ditinjau dari beberapa aspek antara lain aspek biologis, psikologis dan sosial.
  3. Ditinjau dari aspek biologis busana berfungsi sebagai:
    1. Untuk melindungi tubuh dari cuaca, sinar matahari, debu serta gangguan binatang, dan melindungi tubuh dari benda-bendalain yang membahayakan kulit. Seperti orang yang berada didaerah kutup memerlukan busana untuk melindungi tubuhnya dari udara dingin. Begitu juga orang yang tinggal di daerah yang beriklim panas, busana digunakan untuk melindungi tubuh dari udara panas yang mungkin dapat merusak kulit
    2. Untuk menutupi atau menyamarkan kekurangan dari sipemakai. Manusia tidak ada yang sempurna, setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihannya juga dapat dilakukan dengan memakai busana yang tepat. Seperti seseorang yang bertubuh kurus pendek, hindari memakai kerah dengan ukuran lebar, memakai rok yang terlalu pendek(rok mini), dan rok span karena hal ini akan memberikan kesan lebih kurus dan lebih pendek. Pilihlah model rok pias, model kerah yang dapat menutup tulang leher. Dapat menggunakan sepatu yang berhak tinggi dan memakai perhiasan yang berukuran kecil atau sedang, serta memakai pakaian yang tidak menonjolkan bentuk tubuh yang kurus danpendek tersebut, begitu juga sebaliknya
4.     Bilihat Dari aspek ppsikologis busana berfungsi sebagai:
a.    Dapat menambah keyakinan dan rasa percaya diri. Dengan busana yang serasi    memberikan keyakinan atau rasa percaya diri yang tinggi bagi sipemakai, sehingga menimbulkan sikap dan tingkah laku yang wajar. Seperti seseorang yang pakaiannya tidak sesuai dengan acara yang sedang dihadirinya, akan membuat dia risih atau salah tingkah
b.    Dapat memberi rasa nyaman. Sebagai contoh pakaian yang tidak terlalu sempit atau terlalu longgar dapat memberi rasa nyaman saat memakainya. Begitu juga dengan pakaian yang modelnya sesuai dengan sipemakai akan membuat dia nyaman dalam melaksanakan segala aktifitas yang di lakukannya.
5.     Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat norma-norma yang mengatur pola perilaku di masyarakat. Norma-norma tersebut antara lain norma kesopanan, norma agama, norma adat dan norma hukum.
6.     a. Untuk menutupi aurat atau memenuhi syarat kesusilaan.
a.    Untuk menggambarkan adat atau budaya suatu daerah.
b.    Untuk media informasi bagi suatu instansi atau lembaga.
c.    Media komunikasi non verbal
7.     Sebagai identitas bagi negera Indonesia.
8.     Busana muslim.
9.     Menutup aurot
10.  Jawaban bebas sesuai dengan keinginan

Format Penilaian Psikomotorik
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai                        
Kesesuaian jawaban dengan pertanyaan
1
Fitriah
2
Iis Ilawati
3
Irma Erfiana
4
KhabibaturRohmani
5
Lia Lutfianah
6
Lilis Zuliakhah
7
Mira Arumsari

8
Mislikhah

9
Novi Lailatul F.

10
Nurus Sakinah

11
Rina Zimatul F.

12
Ririn I.

13
Silvia  Anggraini

14
Sri Retno N.

15
Zunia Masita


Pedoman Penskoran
Psikomotorik: Setiap pertanyaan nilainya 10, Jadi nilai maksimal adalah 100, nilai minimal  70 ini sesuai dengan KKM
Format Penilaian Afektif         :

No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Partisipasi Dalam Kelompok
Kerjasama
Kerapihan Hasil Kerja
Mengemukakan Gagasan
1
Fitriah
2
Iis Ilawati
3
Irma Erfiana
4
KhabibaturRohmani
5
Lia Lutfianah
6
Lilis Zuliakhah
7
Mira Arumsari
8
Mislikhah
9
Novi Lailatul F.
10
Nurus Sakinah
11
Rina Zimatul F.
12
Ririn I.
13
Silvia  Anggraini
14
Sri Retno N.
15
Zunia Masita



 Afektif: Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:
3 = Kegiatan banyak sekali atau intensitas tinggi
2 = Kegiatan cukup atau intensitas sedang
1 = Kegiatan kurang atau intensitas rendah

Format Penilaian Kognitif
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Mengikuti Prosedur
Menganalisis data
Menarik Kesimpulan
Merancang
1
Fitriah
2
Iis Ilawati
3
Irma Erfiana
4
KhabibaturRohmani
5
Lia Lutfianah
6
Lilis Zuliakhah
7
Mira Arumsari






8
Mislikhah






9
Novi Lailatul F.






10
Nurus Sakinah






11
Rina Zimatul F.






12
Ririn I.






13
Silvia  Anggraini






14
Sri Retno N.






15
Zunia Masita







Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb:       
3 = Sesuai prosedur, Analisis tepat, Interpretasi data benar, Menarik Kesimpulan dengan benar, Hipotesis sesuai
2 = Kurang sesuai denganprosedur, Analisis kurang tepat, Interpretasi data kurang benar, Hipotesis kurang sTindakan benar, tidsuai
1 = Tidak sesuai dengan prosedur, Analisis tidak tepat, Interpretasi data tidak benar, Menarik kesimpulan tidak benar, Hipotesis tidak sesuai

Format Penilaian Kognitif Ketika Melakukan Diskusi
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Mengajukan Pertanyaan
Menjawab Pertanyaan
Menyampaikan Argumen
1
Fitriah
2
Iis Ilawati
3
Irma Erfiana
4
KhabibaturRohmani
5
Lia Lutfianah
6
Lilis Zuliakhah
7
Mira Arumsari





8
Mislikhah





9
Novi Lailatul F.





10
Nurus Sakinah





11
Rina Zimatul F.





12
Ririn I.





13
Silvia  Anggraini





14
Sri Retno N





15
Zunia Masita






Kognitif            : Skor máximum 3 dan skor mínimum 1 dengan kriteria sbb: 
3 = Pertanyaan logis/jawaban tepat/argumen- sanggahan mempunyai dasar yang kuat
2 = Pertanyaan mendekati logis/jawaban tepat/argumen-sanggahan mempunyai dasar yang
      Kuat
1 = Pertanyaan tidak logis/jawaban tepat/argumeb-sanggahan mempunyai dasar yang kuat



Mengetahui                                                                                   Jombang,            Agustus  2013
Kepala Madrsah                                                                            Guru Mata pelajaran

                       
MOH. SYAIKHU, SPd                                                                      Zainal Arifin, S.Pd.i




Tidak ada komentar:

Posting Komentar